Lorenzo Jadi Satu-satunya Rival yang Tak Bisa Ditaklukkan Valentino Rossi

Penulis: Abdi Ardiansyah
Rabu 04 Jan 2023, 18:30 WIB
Valentino Rossi, Jorge Lorenzo

Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo

Ligaolahraga.com -

Berita MotoGP: Eks kepala kru Yamaha, Ramon Forcada, mengakui Valentino Rossi tak mampu mempengaruhi psikologis Jorge Lorenzo dan justru memberikan serangan balik.

Valentino Rossi menjadi pebalap yang dianggap punya banyak keistimewaan selain kelihaiannya beraksi di atas kuda besi. Kekuatan tersebut adalah kepintaranya dalam mempermainkan sisi psikologis para rivalnya hingga ke luar lintasan. Ia pun tak segan menyerang mental lawannya secara habis-habisan.

Salah satu lawan berat Rossi ketika masih aktif berkarier di MotoGP adalah Max Biaggi. Rivalitas duo pebalap asal Italia tersebut tersaji ketika The Doctor naik kelas utama dan sama-sama bersaing dengan Biaggi di kelas 500cc.

Persaingan keduanya pun berlanjut di musim berikutnya saat Rossi keluar sebagai kampiun dan dibuntuti oleh Biaggi di posisi runner-up. Duel sengit mereka awalnya terfokus saat berada di lintasan, namun berlanjut hingga ke luar trek.

Tak hanya Biaggi, Rossi juga cukup berhasil membangun rivalitas kepada lawan-lawan berat lainnya Sete Gibernau dan Casey Stoner.

"Valentino sangat ahli dalam perang psikologis," ucap kepala kru Yamaha, Ramon Forcada, dikutip dari Corsedimoto.com.

"Setidaknya sampai dia bertemu dengan pebalap yang lebih pintar darinya," ia mengimbuhkan.

Namun Forcada menyatakan bahwa Rossi mulai kesulitan tatkala bertemu dengan pebalap-pebalap yang lebih cerdas.

"Itulah alasan dia tak menang lagi sejak 2009, karena yang lain sudah mulai mencerna beberapa hal lebih baik sejak awal," katanya.

"Valentino menjadi yang nomor satu soal strategi dan kita sudah melihat banyak mental pebalap hancur selama kariernya," ia melanjutkan.

Ramon Forcada menyebut senjata Valentino Rossi tak lagi mempan ketika ia dihadapkan dengan Jorge Lorenzo yang merupakan rekan setimnya sendiri di Yamaha. Rivalitas antara keduanya begitu panas hingga dibangunkan tembok di paddock.

Akan tetapi Lorenzo sama sekali tak terpengaruh dengan segala rencana Rossi waktu itu. Pria asal Spanyol itu bisa mengalahkan tandemannya dalam permainan psikologis di luar lintasan.

"Secara mental Jorge adalah seperti batu. Saya yakin Jorge mengalahkan Valentino (Rossi) karena dia keras kepala, bahwa dia akan melakukannya," ungkapnya.

"Dia (Lorenzo) yakin bahwa dia akan melakukannya. Tentunya. Jadi dia mendedikasikan dirinya untuk ini."

"Dia adalah orang yang lebih percaya diri, tetapi lebih mengetahui dan berkata: Saya akan sampai di sana, saya akan melakukannya," tutup Forcada.

Artikel Tag: Valentino Rossi, Jorge Lorenzo, yamaha, motogp 2023

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/motogp/lorenzo-jadi-satu-satunya-rival-yang-tak-bisa-ditaklukkan-valentino-rossi
508  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini