Lompat Kelas, Darryn Binder Bakal Coba Peruntungannya di MotoGP

Penulis: Abdi Ardiansyah
Minggu 23 Jan 2022, 23:50 WIB
Darryn Binder

Darryn Binder

Ligaolahraga.com -

Berita MotoGP: Rider RNF Yamaha, Darryn Binder, akan memulai debutnya di kelas utama pada kejuaraan MotoGP 2022 setelah sebelumnya turun di ajang Moto3 selama tujuh musim.

Darryn Binder akan menjadi pebalap pertama yang naik kelas ke MotoGP tanpa melalui ajang Moto2 terlebih dahulu, sejak terakhir kali dilakukan oleh Jack Miller pada 2015. Menjadi rookie yang belum punya pengalaman menggeber motor besar, performanya pun diragukan oleh banyak pihak, Namun, adik Brad Binder tersebut ternyata bukanlah pebalap sembarangan.

Pria berusia 23 tahun itu dipromosikan oleh Mahindra ke kejuaraan Moto3 pada 2015 lalu setelah tampil mengesankan di Red Bull Rookies Cup. Sayangnya, Binder melewati musim yang sulit pada tahun pertamanya di kelas terendah, yang diakhirinya tanpa merebut poin satupun.

Pada 2016, bersama Platinum Bay Real Estate, pria asal Afrika Selatan itu menunjukkan peningkatan dan mampu menutup musim dengan mengumpulkan 27 poin.

Tahun berikutnya, beralihnya Platinum Bay Real Estate dari Mahindra ke KTM ternyata berhasil mendongkrak prestasi Darryn Binder. Pasalnya, dari total 13 balapan yang dilakoninya, terkumpul 35 poin dan ia finis di peringkat ke-19 dalam klasemen akhir pebalap.

Melihat talenta besar yang dimiliki Binder, Red Bull KTM Ajo lalu memutuskan untuk merekrutnya. Tetapi ternyata ia mengalami kesulitan, hingga akhirnya bisa bernapas lega setelah mendapatkan podium pertamanya di seri Jepang.

Binder kemudian memutuskan untuk pindah ke CIP Green Power yang juga mendapat pasokan motor dari KTM. Pada musim 2019, ia berhasil menambahkan catatan podiumnya setelah tampil di seri Argentina, tapi hasil keseluruhan di tahun tersebut tak sesuai harapan.

Pada musim keduanya bersama CIP Green Power, Binder berhasil melepas beban dipundaknya dengan memenangkan seri Catalunya dan finis kedua di seri Aragon.

Tahun lalu, Binder membela Petronas Sprinta Racing dengan menggunakan motor buatan Honda. Pebalap yang akan ditandemkan dengan Andrea Dovizioso itu memiliki awal musim yang menjanjikan dengan merengkuh podium ketiga dan kedua dalam dua balapan di Qatar.

Ia lalu menjalani sisa musim tanpa berdiri di tangga podium. Tinggi dan berat badannya ternyata menyebabkan beberapa masalah pada mesin kecil yang digunakan pada motor Moto3.

Meski beberapa kali bersaing di barisan depan, Binder kesulitan untuk ikut dalam pertarungan perebutan titel juara. Masalah yang dimilikinya juga membuat ia balapan dengan gaya yang sangat agresif, hingga membuat rivalnya merasa was-was.

Puncaknya adalah di seri Algarve, di mana Binder menyebabkan Dennis Foggia mengalami crash ketika sedang memperjuangkan gelar juara.

Ulah pebalap yang akan membela RNF Yamaha di MotoGP 2022 itu pun membuat para pebalap kelas utama khawatir dengan gaya balapnya. Menurut mereka, hal tersebut akan sangat berbahaya dengan motor MotoGP yang jauh lebih cepat dan berukuran besar.

Meski begitu, ada juga beberapa pihak yang penasaran dengan performa Binder di atas motor Yamaha YZR-M1.

Artikel Tag: Darryn Binder, MotoGP 2022, RNF Yamaha

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/motogp/lompat-kelas-darryn-binder-bakal-coba-peruntungannya-di-motogp
591  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini