Lepas Pelindung Dada, Fabio Quartararo Layak Didiskualifikasi

Penulis: Abdi Ardiansyah
Senin 07 Jun 2021, 03:30 WIB
Fabio Quartararo

Fabio Quartararo

Berita MotoGP: Legenda MotoGP, Casey Stoner, berpendapat bahwa Fabio Quartararo harus didiskualifikasi dari MotoGP Catalunya karena telah melepas pelindung dadanya ditengah balapan.

Legenda MotoGP, Casey Stoner, menilai bahwa aksi Fabio Quartararo melepas pelindung dadanya di MotoGP Catalunya harus mendapatkan hukuman berupa didiskualifikasi dari balapan. Kejadian tersebut bermula saat balapan menyisakan dua lap. Pebalap asal Prancis itu terlihat sedang melintas dengan kecepatan penuh tanpa pelindung dada agar bisa finis di urutan ketiga.

Namun posisi tersebut gagal didapatkannya usai steward menjatuhkan hukuman penalti tiga detik atas tindakan Quartararo. Ia pun merosot ke urutan keempat dan Jack Miller (Ducati Lenovo Team) menempati podium ketiga MotoGP Catalunya.

Casey Stoner, legenda MotoGP, turut mengecam aksi Quartararo yang tak menggunakan pelindung dada ditengah balapan. Stoner pun meminta steward untuk memberikan hukuman yang lebih tegas kepada pebalap Monster Energy Yamaha itu dengan black flag.

Sekadar informasi, black flag adalah bendera yang dikibarkan jika terdapat pebalap yang terkena diskualifikasi. Pebalap diharuskan berhenti di pit akhir lap dan tak diizinkan untuk melanjutkan balapan lagi.

"Terlepas dari sengaja atau tidak, Quartararo telah melepas risletingnya (pelindung dada). Saya yakin harusnya ia diganjar dengan black flag karena seorang pebalap tak diperbolehkan untuk balapan dengan dada terbuka saat melaju dengan kecepatan tinggi," tulis Stoner di akun media sosialnya.

Pernyataan Stoner juga merujuk dari aturan FIM tentang kelengkapan keselamatan pebalap. Dalam poin tersebut dijelaskan bahwa para pebalap harus mengenakan satu set perlengkapan keamanan yang meliputi; helm, jaket kulit, sarung tangan, sepatu bot, pelindung bagian belakang dan bagian dada.

Bahkan dalam pernyataan tersebut disebutkan bahwa perlengkapan yang digunakan tidak boleh dilepas selama balapan.

"Peralatan (keselamatan) harus dipakai dengan benar, setiap saat selama melakukan aktivitas di atas lintasan," begitu bunyi pernyataan dalam aturan FIM.

Dengan aturan yang sudah tertulis, tak heran jika Stoner sangat kecewa dengan keputusan steward yang dinilai tak menegakkan aturan.

Artikel Tag: Fabio Quartararo, Monster Energy Yamaha, MotoGP 2021, motogp catalunya

6148  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini