Legenda MotoGP Ini Sarankan Aprilia untuk Rekrut Pebalap Muda

Penulis: Abdi Ardiansyah
Senin 02 Agu 2021, 23:20 WIB
Aprilia, Max Biaggi, Aleix Espargaro

Max Biaggi dan Aleix Espargaro

Ligaolahraga.com -

Berita MotoGP: Legenda MotoGP, Max Biaggi meyakini Aprilia bisa kembali meraih kesuksesan jika merekrut pebalap berusia belia seperti tim-tim rivalnya saat ini.

Saat ini, Aprilia sedang menyeleksi calon tandeman baru pebalap mereka, Aleix Espargaro. Berdasarkan pengalaman musim ini, rider asal Spanyol tersebut menginginkan mitra yang lebih berpengalaman agar bisa berbagi beban dalam pengembangan motor RS-GP.

Andrea Dovizioso pun terus dikait-kaitkan dengan tim tersebut sejak memutuskan pensiun dari MotoGP dan melakoni sesi tes bersama. Belakangan ini, Maverick Vinales yang berencana untuk hengkang dari Yamaha Factory Racing pada akhri musim nanti, juga disebut sebagai kandidat kuat.

Legenda MotoGP, Max Biaggi, berharap mantam timnya melakukan peremajaan pada komposisi pebalapnya.

“Jika boleh memberi penilaian, mereka dapat menggunakan pebalap muda. Bagaimana pun setiap tim tampak berkonsentrasi pada para pebalap muda belakangan ini,” ujarnya dikutip dari Gazzetta dello Sport.

Berdasarkan data, pabrikan asal Noale, Italia itu sangat terbantu oleh kehadiaran para pebalap muda. Biaggi sendiri merupakan juara dunia 250cc (Moto2) empat kali, tiga di antaranya dipersembahkan untuk Aprilia pada 1994-1996. Selain dirinya, ada Jorge Lorenzo (dua kali), kemudian masing-masing satu kemenangan untuk Loris Capirossi, Valentino Rossi, Marco Melandri dan Manuel Poggiali.

Di kelas lebih rendah, 125 cc (Moto3), mereka mengunci 10 gelar. Meski cemerlang di kategori rendah dan menengah, mereka justru kesulitan untuk tampil kompetitif di MotoGP (sebelumnya 500cc). Satu-satunya podium dipersembahkan oleh Doriano Romboni yang saat itu finis ketiga di Assen di tahun 1997 lalu.

Pencapaian Aprilia kemudian sedikit membaik setelah bekerjasama dengan Gresini Racing, di mana P6 sebanyak lima kali adalah pencapaian maksimal mereka. Aleix Espargaro telah mencatatkan hasil tersebut dalam empat kesempatan.

Mulai musim depan, keduanya bakal berpisah sehingga Aprilia harus mencari tandem anyar untuk Espargaro karena kurang puas dengan penampilan rekan setimnya saat ini, Lorenzo Savadori.

Menurut Biaggi, kesempatan tersebut bisa dimanfaatkan untuk mempromosikan para pebalap muda. Mereka semestinya membuat akademi pebalap seperti di era antara ‘90=an hingga 2000.

“Sungguh memalukan kami kehilangan kebanggaan dan kegembiraan bertahun-tahun. Merek itu selalu terlibat dalam kelas-kelas rendah,” ungkapnya.

“Akan sangat menyenangkan kalau mereka kembali ke sana. Para pemuda adalah masa depan,” Biaggi mengakhri.

Artikel Tag: aprilia, MotoGP 2021

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/motogp/legenda-motogp-ini-sarankan-aprilia-untuk-rekrut-pebalap-muda
671  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini