Kisah Suzuki yang Pernah Rayu Valentino Rossi Lewat Pesan Facebook

Penulis: Abdi Ardiansyah
Selasa 26 Jan 2021, 18:55 WIB
Valentino Rossi

Valentino Rossi dan Davide Brivio yang kini menjadi Manajer Suzuki.

Berita MotoGP: Davide Brivio yang merupakan mantan manajer tim Suzuki Ecstar mengungkapkan bahwa pihaknya pernah mengajukan tawaran kepada Valentino Rossi melalui pesan di Facebook.

Suzuki Ecstar memang saat ini dikenal sebagai salah satu tim pabrikan MotoGP yang berorientasi merekrut para pebalap muda. Paceklik gelar yang dialami Suzuki selama dua dekade di MotoGP pun dipecahkan oleh talenta muda, Joan Mir, yang baru dua musim berkecimpung di kelas premier.

Suzuki sendiri bukannya anti rider yang berpengalaman. Aleix Espargaro dan Andrea Iannone jadi dua rider senior yang pernah direkrut oleh Suzuki Ecstar

Skuat asal Hamamatsu ini bahkan pernah melirik rider senior sekaliber Valentino Rossi ketika merencanakan comeback ke MotoGP pada 2014.

Rossi saat itu memang berada dalam situasi sulit ketika keputusan pindah ke Ducati pada 2011 justru membawa dirinya mencatat hasil terburuk di MotoGP. Manuver Suzuki untuk merekrut Rossi diungkap oleh mantan manajer mereka, Davide Brivio.

Kepala Proyek Suzuki, Shinichi Sahara adalah pihak yang menghubungi pihak Valentino Rossi. Uniknya, Sahara justru melakukan penjajakan dengan mengirim pesan pribadi di Facebook.

Sahara mengirim pesan kepada Brivio. Brivio sendiri sempat menjadi penasihat pribadi Rossi setelah keduanya sama-sama hengkang dari Yamaha pada 2011.

"Sahara menghubungi saya di Facebook. Itu aneh karena saya tidak memakai Facebook," ujar Brivio dalam interviu dengan MotoGP, dikutip dari Crash.net.

"Saya punya profil tetapi tidak memakainya. Saya bahkan tidak tahu bagaimana, sampai sekarang! Hanya saja saya melihat notifikasi dan melihat pesannya. Saya melihat nama Sahara dan dia ingin tahu intensi Rossi. Suzuki ingin kembali ke MotoGP pada 2014 dan dia bertanya apakah Rossi mau berlomba dengan mereka."

Usaha Suzuki itu pun tak membuahkan hasil. Brivio menuturkan bahwa Rossi mengaku lebih tertarik untuk kembali ke Yamaha pada 2013. Alih-alih Rossi, justru Brivio yang direkrut oleh Suzuki. Brivio tertarik untuk kembali mengurus tim balap ketika Suzuki menawarinya posisi tersebut.

"Sahara bertanya apakah saya tertarik jika Suzuki merintis tim di Italia. Saya bilang ya, saya mungkin tertarik. Jadi saya mulai bekerja dengan mereka pada 1 April 2013," imbuh pria yang kini menjadi manajer tim Alpin F1.

Rossi bukan satu-satunya pembalap veteran yang berusaha direkrut oleh Suzuki. Brivio mengaku Suzuki sempat berusaha membajak Andrea Dovizioso dari Ducati untuk musim 2015. Namun, sang pembalap akhirnya memutuskan bertahan. Suzuki juga pernah mempertimbangkan untuk memboyong Jorge Lorenzo pada musim 2019.

Akan tetapi, pabrikan Hamamatsu tersebut lebih memilih bertaruh dengan pembalap muda lain yaitu Joan Mir.

Usaha Suzuki tidak mudah karena Mir telah memiliki opsi untuk bergabung dengan Honda yang kala itu lebih mapan. Namun, Mir rupanya lebih memilih bergabung dengan Suzuki yang akhirnya kini berbuah hasil juara MotoGP 2020..

Artikel Tag: Valentino Rossi, motogp, Suzuki

641  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini