Kian Terpuruk, Marc Marquez Minta Honda Tetap Tenang

Penulis: Abdi Ardiansyah
Jumat 02 Sep 2022, 15:25 WIB
Marc Marquez

Marc Marquez

Ligaolahraga.com -

Berita MotoGP: Marc Marquez meminta Honda untuk tidak panik menghadapi penurunan kinerja motor RC213V, apalagi sampai mengubah cara kerja mereka agar seperti pabrikan Eropa.

Hinnga kini Honda masih kesuliltan tampil kompetitif, terutama setelah Marc Marquez mengalami cedera parah di Jerez pada 2020. Dominasi pria berjuluk The Baby Alien itu dari MotoGP 2016 hingga 2019 harus terputus karena ia menepi hampir semusim.

Demi memperbaiki performa di MotoGP 2023, Honda memutuskan untuk mencari pengganti Pol Espargaro. Mereka akhirnya menjadikan Joan Mir sebagai tandeman baru Marquez.

Selain tim pabrikan, pabrikan berlogo sayap tunggal itu pun melakukan perubahan di tim satelit LCR dengan mendatangkan Alex Rins. Ia menggantikan posisi Alex Marquez yang memilih merapat ke Gresini Racing mulai tahun depan.

Sedangkan rider LCR lainnya, Takaaki Nakagami, kabarnya tak mendapat kontrak baru. Posisi pria asal Jepang itu bakal digantikan Ai Ogura yang sedang berjaya di Moto2 2022.

Marquez berharap Honda kembali menjadi pabrikan dengan motor terbaik pada 2023 dan ikut bersaing memperebutkan gelar juara.

"Saya ingin memiliki motor terbaik di trek. Honda bersaing memperebutkan gelar juara dunia. Hal yang sama berlaku untuk para pebalap Honda. Kami semua ingin berjuang untuk gelar juara dunia," ungkapnya dilansir dari SpeedWeek.

Pebalap berusia 29 tahun itu tak ingin Honda meniru sistem kerja pabrikan asal Eropa, meski terbukti lebih sukes. Sebab dalam beberapa tahun terakhir Marc Marquez dan timnya berhasil menyabet titel juara pebalap sebanyak enam kali dengan cara kerja yang saat ini.

Untuk itulah Marquez meminta Honda tetap tenang melihat rapornya sepanjang musim 2022. Ia sadar banyak perubahan yang terjadi di dunia balap motor, namun panik bukanlah sikap yang tepat.

"Saya tidak ingin mengatakan bahwa Honda harus meniru cara kerja orang Eropa, tidak karena cara kerja orang Jepang sangat sukses dalam beberapa tahun terakhir. Honda telah memenangkan banyak gelar selama dekade terakhir. Tapi dunia berubah, kejuaraan berubah," ia menjelaskan.

"Ketika para pebalap muda mencapai puncak, cara mengemudi berubah. Anda kemudian harus meneliti sebagai pendorong bagaimana meningkatkan dan tetap di atas,” tambahnya.

“Honda membuat banyak upaya ke arah ini, kami harus menganalisis semuanya dengan cermat. Tapi kita tidak boleh panik. Kepanikan adalah musuh terbesar kita," tutup Marquez.

Artikel Tag: Marc Marquez, MotoGP 2022, Honda

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/motogp/kian-terpuruk-marc-marquez-minta-honda-tetap-tenang
1113  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini