Kepala Kru Franco Morbidelli: Rider Yamaha Tak Boleh Hanya Salahkan Motor

Penulis: Abdi Ardiansyah
Senin 21 Des 2020, 22:55 WIB
Franco Morbidelli, Ramon Forcada

Franco Morbidelli dan Ramon Forcada

Berita MotoGP: Kepala kru Franco Morbidelli, Ramon Forcada, tidak setuju dengan para pebalap Yamaha yang kerap menyalahkan motor YZR-M1 atas penampilan buruk mereka.

MotoGP 2020 menjadi musim yang membuat tim Yamaha merasa campur aduk. Bagaimana tidak, mereka mampu memimpin klasemen di paruh awal musim bersama pebalap tim Petronas Yamaha SRT, Fabio Quartararo.

Yamaha juga menjadi tim yang memiliki jumlah kemenangan terbanyak dibandingkan dengan tim lainnya dengan total 7 kemenangan dari 13 seri balap.

Akan tetapi, Yamaha lebih kerap dilanda masalah ketika kondisi sirkuit kurang mendukung bagi mereka. Tidak cuma sekali rider Yamaha finis di luar posisi 10 besar.

Rider Tim Monster Energy Yamaha, Maverick Vinales, bahkan menyebut Yamaha telah membuat kesalahan dalam arah pengembangan motor sejak 2017. Begitu pula dengan Valentino Rossi yang merasa motor Yamaha M1 tidak mengalami kemajuan berarti dan mengeluh sarannya kurang didengarkan.

Sementara Fabio Quartararo (Petronas Yamaha SRT) yang ikut kebagian motor pabrikan dibuat frustrasi hingga ingin memakai kembali motor M1 versi lawas.

Hanya Franco Morbidelli (Petronas Yamaha SRT) yang terlihat adem ayem di tengah masalah yang dihadapi pabrikan berlogo garpu tala. Performa Morbidelli memang paling mendingan dibandingkan tiga pebalap Yamaha lain pada MotoGP 2020.

Franco Morbidelli hanya dua kali finis di luar posisi 10 besar. Performanya semakin membaik menjelang akhir musim dengan 3 hasil podium dari 4 balapan. Konsistensi serta raihan tiga kai kemenangan membuat rider ini secara mengejutkan bisa mengakhiri musim di peringkat kedua klasemen akhir.

Hanya saja, fakta bahwa dirinya menggunakan motor yang paling beda di Yamaha membuat pencapaian Morbidelli pada musim lalu agak dipandang sebelah mata. Morbidelli yang menggunakan motor M1 versi 2019 yang kerap dianggap lebih baik daripada motor teranyar Yamaha.

Akan tetapi, hal itu pun disangkal oleh Ramon Forcada. Kepala kru Morbidelli itu justru menganggap seharusnya para rider Yamaha lainnya tak boleh hanya mengeluh dan menyalahkan motor.

"Kami tidak membuah perubahan radikal apapun [dengan motornya] sepanjang tahun. Bagi saya, perbedaan besar antara tahun ini dan tahun lalu adalah mentalitas dari pembalapnya," ujar Forcada kepada Radio Ocotillo sebagaimana dilansir dari Corse di Moto.

Forcada enggan semata-mata menyalahkan kelemahan motor M1 dengan grip ban belakang sebagai sumber masalah Yamaha. Ia bahwa grip yang tidak optimal merupakan masalah yang bisa dialami oleh semua motor, tidak hanya M1.

Forcada menyebut kolaborasi keterampilan mekanik dan ketangguhan pebalap di lintasan sebagai faktor penting untuk meraih hasil apik.

Artikel Tag: Franco Morbidelli, Valentino Rossi, Maverick Vinales, Fabio Quartararo, yamaha

1667  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini