Kegagalan Ducati Musim Ini Tak Semata Disebabkan Kepergian Jorge Lorenzo

Penulis: Abdi Ardiansyah
Sabtu 11 Jan 2020, 23:35 WIB
Kegagalan Ducati Musim Ini Tak Semata Disebabkan Kepergian Jorge Lorenzo

Jorge Lorenzo, tim Mission Winnow Ducati MotoGP 2018.

Berita MotoGP: Kepergian Jorge Lorenzo disebut jadi penyebab kemunduran tim Ducati di musim MotoGP 2019. Hal itu disangkal oleh mantan pebalap MotoGP, Loris Capirossi.

Jorge Lorenzo pada tahun 2017 silam memilih untuk mengakhiri perjalanan panjangnya bersama Yamaha dan berlabuh ke Ducati.

Selain mencari suasana baru, pebalap berjuluk X-Fuera ini juga yakin bisa sukses menunjukkan performa terbaiknya bersama skuat Ducati. Namun, perjalanan Lorenzo bersama tim barunya tersebut tak berjalan mulus.

Lorenzo kian kesulitan beradaptasi di atas motor Desmosedici. Bahkan, hal ini berlanjut hingga musim berikutnya yang membuat kariernya bersama Ducati semakin di ujung tanduk. Hal itulah yang membuat Ducati memilih untuk memutus kontrak Lorenzo pada pertengahan musim 2018, tepatnya menjelang bergulirnya seri MotoGP Italia di Sirkuit Mugello.

Akan tetapi, baru saja kontraknya diputus, Lorenzo justru berhasil memperbaiki performanya hingga meraih kemenangan pada MotoGP Italia. Tren positif Lorenzo itu berlanjut dengan memenangi balapan yang berlangsung di Catalunya dan Austria.

Torehan tiga kemenangan sepanjang 2018 itu sedikit banyak membuat Ducati menyesal lantaran sudah mengambil keputusan gegabah. Lorenzo pun memutuskan pindah ke Repsol Honda dan berduet dengan Marc Marquez, sang juara dunia bertahan.

Sementara itu, Ducati sekarang kembali gagal mengantarkan Andrea Dovizioso menjadi juara dunia untuk ketiga kalinya secara beruntun. Apalagi, tandem Dovizioso, yakni Danilo Petrucci juga gagal tampil konsisten. 

Kegagalan Ducati dalam merebut gelar juara musim lalu juga turut mengundang perhatian dari eks pebalap MotoGP, Loris Capirossi.

Sebagaimana diketahui, Capirossi pernah membalap untuk Ducati pada musim 2003-2007. Ia merasa tak setuju bila kepergian Lorenzo disebut sebagai penyebab kemunduran tim pabrikan Italia itu pada musim lalu.

"Tidak, saya tidak berpikir demikian," kata Loris Capirossi, dilansir dari Corsedimoto.

Menurut Capirossi dalam hal pengembangan motor Desmosedici sepenuhnya menjadi tanggung jawab Andrea Dovizioso, bukan Lorenzo. Semasa masih di Ducati, Lorenzo hanya melakukan beberapa penyesuaian terhadap gaya balapnya agar bisa membawa Desmosedici tampil maksimal.

"Saya juga yakin bahwa untuk pengembangan motor Ducati menjadi tanggung jawab Dovizioso," imbuhnya.

"Lorenzo tentu saja mencoba memodifikasi Desmosedici, tetapi ini hanya menyangkut gaya balapnya dan tidak ada yang lain," pungkas mantan pebalap MotoGP asal Italia ini.

Ducati sendiri hanya mampu membukukan total 12 podium dengan tiga kemenangan saja melalui duet Dovizioso dan Danilo Petrucci. Padahal, pada musim sebelumnya, via duet Dovizioso dan Lorenzo, Ducati mampu meraih total 13 podium dengan tujuh kemenangan.

Artikel Tag: Jorge Lorenzo, motogp, Ducati

3744  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini