Jumlah Penonton di Mugello Alami Penurunan, Bos Dorna Sports Pusing

Penulis: Abdi Ardiansyah
Jumat 03 Jun 2022, 10:55 WIB
Dorna Sports, MotoGP Italia

MotoGP Italia 2022

Ligaolahraga.com -

Berita MotoGP: Bos Dorna Sports, Carmelo Ezpeleta, mengaku tak senang dengan penurunan jumlah penonton yang hadir di Sirkuit Mugello untuk menonton MotoGP Italia.

Gelaran MotoGP Italia, seri kedelapan MotoGP 2022 memang telah berlalu. Dorna Sports selaku promotor MotoGP lantas mengevaluasi jalannya perlombaan tersebut. Mereka menemukan bahwa jumlah penonton yang hadir di Sirkuit Mugello mengalami penurunan.

“Hal terakhir yang kami lihat di televisi adalah tribune-tribune yang kosong,” ucap Carmelo Ezpeleta selaku Managing Director Dorna Sports, seperti dikutip dari Motorsport.com.

Pria asal Spanyol itu menilai sedikitnya jumlah penonton yang hadir menjadi tanggung jawab promotor setempat. Faktanya, tiket MotoGP Italia memang tak terjual habis.

Sedikitnya penonton yang datang ke Mugello membuat Dorna berencana untuk mengevaluasi masa depan gelaran MotoGP di Tuscan, meskipun kontrak trek tersebut baru selesai pada 2026.

Banyak pihak meyakini menurunnya jumlah penonton disebabkan oleh pensiunnya sang legenda MotoGP, Valentino Rossi. Namun ternyata bukan itu saja penyebab satu-satunya.

Tingginya harga tiket MotoGP Italia pun disinyalir menjadi penyebab utama enggannya penonton datang langsung ke Mugello.

Untuk menonton dari tempat terbuka di padang rumput dan hanya hari Minggu (29/5) saja, pihak penyelenggara menetapkan harga 90 euro (sekira Rp1,4 juta) untuk setiap pria dewasa. Sedangkan wanita dikenakan 80 euro, dan 70 euro untuk anak-anak hingga remaja berusia 14-18 tahun.

Bagi mereka yang menonton dari grandstand, juga hanya untuk balapan hari Minggu, tiket dijual dengan harga mulai 170 sampai 310 euro (sekira Rp2,65 juta sampai Rp4,83 juta).

Sementara harga tiket sepanjang akhir pekan balapan di tanah lapang dibanderol 150 euro dan di tribune mulai dari 220 euro. Adapun tiket camping ground dijual seharga 100 euro.

Dengan komposisi harga tiket seperti ini, tercatat hanya ada 10.815 penonton MotoGP Italia pada Jumat, 19.602 pada Sabtu, dan 43.661 pada Minggu. Sehingga secara keseluruhan ada 74.078 penonton yang menyaksikan perlombaan tersebut.

Angka ini tentu saja sangat jauh di bawah rekor jumlah penonton MotoGP Italia 2017 yang menembus total 164.418 penonton. Bahkan, jumlah penonton saat pra-pandemi, 2019, saja masih lebih tinggi, yakni total 139.329 (83.761 hanya pada Minggu).

Penurunan jumlah penonton hampir 50% tentu saja membutuhkan penanganan serius dari pihak-pihak terkait, baik promotor lokal maupun Dorna Sports.

Jika melihat jumlah penonton MotoGP Prancis, otoritas MotoGP Italia memang patut untuk berpikir lebih keras. Di Sirkuit Le Mans lalu, total ada 225 ribu penonton yang datang selama tiga hari. Adapun saat balapan, tak kurang dari 110 ribu penonton yang hadir untuk menyaksikan perlombaan secara langsung.

Artikel Tag: motogp italia, MotoGP 2022

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/motogp/jumlah-penonton-di-mugello-alami-penurunan-bos-dorna-sports-pusing
1019  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini