Johann Zarco Dinilai Bisa Tiru Kiprah Joan Mir Saat Juarai MotoGP 2020

Penulis: Abdi Ardiansyah
Selasa 08 Jun 2021, 05:40 WIB
Johann Zarco

Johann Zarco

Berita MotoGP: Rider Pramac Racing, Johann Zarco, disebut punya kiprah yang mirip dengan Joan Mir (Suzuki Ecstar) saat menjuarai MotoGP 2020. Zarco bahkan dinilai meniru strategi Mir.

Johann Zarco musim ini menjadi pebalap yang mampu tampil sebagai kuda hitam. Rider tim Pramac ini memang awalnya sama sekali tak masuk sebagai kandidat juara.

Meski hanya memperkuat tim satelit, Zarco mampu tampil impresif layaknya pebalap elite di tim pabrikan. Tercatat, selama mengarungi kejuaraan dunia MotoGP 2021, rider asal Prancis itu mampu tampil konsisten.

Raihan empat podium pada musim ini menjadi bukti ketangguhan Zarco untuk menjadi calon peraih gelar juara dunia. Melalui pencapaian tersebut, Zarco kini menempati posisi kedua dengan 101 poin pada klasemen sementara pebalap MotoGP 2021.

Pencapaian yang mengejutkan ini membuat banyak pihak merasa bahwa Zarco mirip dengan kiprah Joan Mir saat menjuarai MotoGP 2020.

Statistik mencatat, selama menjalani balapan, Zarco mampu tampil gemilang dengan strategi late race. Strategi late race ini diterapkan Joan Mir untuk menjadi juara dunia MotoGP 2020.

Bahkan taktik balapan yang terlihat mirip ini membuat Zarco dituding sedang meniru cara Mir pada musim lalu.

"Mir membuktikan tahun lalu bahwa strategi itu bisa berhasil, tetapi secara pribadi saya hanya mencoba melakukan yang terbaik di setiap balapan. Saya pikir, saya masih harus meningkatkan performa karena kami masih kekurangan sesuatu," ucap Zarco dikutip dari GPone.

Semenjak berkarier di kelas MotoGP pada tahun 2017, Zarco belum pernah meraih kemenangan balapan. Pencapaian terbaik Zarco di kelas utama ajang balap Grand Prix ini ialah menjadi runner-up. Saat ditanya apakah dia mendapat tekanan karena belum kunjung menang, Zarco menjawab santai.

"Tentu saja kemenangan akan menyenangkan siapa pun, tetapi finis kedua dan mendapatkan 20 poin bukanlah sesuatu yang bisa dikeluhkan. Kemenangan datang ketika saatnya tiba, saya tidak merasakan tekanan karena harus menang, tetapi hanya mampu melanjutkan balapan di level ini," tandasnya.

Performa Zarco pun masih konsisten, pada balapan MotoGP Catalunya 2021 yang berlangsung di Circuit de Barcelona-Catalunya akhir pekan lalu, ia berhasil finis di posisi kedua.

Artikel Tag: Johann Zarco, joan mir, MotoGP 2021

893  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini