Joan Mir Tampil Lebih Cerdas dan Konsisten Dibandingkan Rivalnya

Penulis: Abdi Ardiansyah
Jumat 20 Nov 2020, 20:55 WIB
Joan Mir

Joan Mir

Berita MotoGP: Rider Tim Repsol Honda, Alex Marquez, mengungkapkan bahwa Joan Mir lebih cerdas dan konsisten dibanding para pebalap lain sehingga ia memang layak jadi juara dunia MotoGP 2020.

Joan Mir resmi mengamankan titel juara MotoGP 2020 dalam gelaran MotoGP Valencia, meskipun ia hanya bisa finis di urutan ketujuh. Keunggulan sejumlah 29 poin sudah tak mungkin lagi terkejar dengan satu sisa seri balap.

Meskipun banyak yang memandang sebelah mata atas pencapaiannya tersebut, Mir sejatinya memang layak menjadi juara. Hal itu pun diakui oleh Alex Marquez yang menyebut Mir tampil lebih cerdas dan konsisten dibanding para rivalnya.

Mir telah mencetak lebih banyak podium daripada pembalap lain musim ini dengan tujuh podium, termasuk kemenangan balapan pada GP Eropa.

Dia selalu menyelesaikan semua balapan, kecuali dua balapan di urutan lima besar.

Ini sangat kontras dengan pemimpin klasemen MotoGP sebelumnya, Fabio Quartararo (Petronas Yamaha SRT) yang mencetak tiga podium juara.

"Dia konsisten. Jika orang lain memiliki konsistensi yang dia miliki, mungkin ini seperti kejuaraan yang berbeda," kata Marquez sebagaimana dilansir dari Motorsport.

"Kami memiliki kejuaraan yang biasanya dari awal musim Anda melihat dengan jelas siapa yang akan menjadi juara, tetapi tahun ini benar-benar aneh. Ada banyak pasang surut, terutama dari pembalap Yamaha, lalu juga Andrea Dovizioso tidak terlalu konsisten. Tetapi, Mir pintar, dia sangat cerdas, dan dia melakukan pekerjaan yang baik untuk mendapatkan gelar itu untuk Suzuki. Dia lebih cerdas dan lebih teratur dari semua orang."

Marquez mengatakan bahwa perjalanan Mir menuju gelar juara dunia MotoGP pada tahun kedua di kelas utama memberinya motivasi lebih untuk musim keduanya pada 2021.

Namun, ia mengakui comeback-nya sang kakak, Marc Marquez, akan membuat segalanya sulit lagi.

"Saya pikir situasinya atau saya berharap akan berubah dengan COVID-19. Kami akan memiliki tahun yang normal. Jadi, semuanya berubah. Marc akan kembali, jadi semuanya akan menjadi sulit lagi dan akan lebih sulit," aku Alex Marquez.

“Memang benar ini memberi saya motivasi karena kami melihat pada MotoGP segalanya mungkin, Pada MotoGP semuanya terbuka dan Anda hanya perlu percaya. Ini adalah contoh yang baik untuk pembalap lain yang membidik Moto2, bahwa di MotoGP jika Anda bekerja keras, jika Anda memiliki motor yang tepat, Anda juga bisa menjadi juara dunia," tukasnya.

Artikel Tag: joan mir, Alex Marquez

658  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini