Joan Mir Tak Pungkiri Gelar Juara Lebih Prestis Saat Ada Marc Marquez

Penulis: Abdi Ardiansyah
Kamis 04 Feb 2021, 22:40 WIB
Joan Mir

Joan Mir

Berita MotoGP: Rider Suzuki Ecstar, Joan Mir, tak memungkiri bahwa titel juara dunia MotoGP 2020 yang ia raih bakal lebih bergengsi kala Marc Marquez juga ikut bersaing lintasan balap.

Joan Mir menjadi rider terbaik musim lalu dengan memenangkan titel juara dunia MotoGP 2020. Raihan ini juga tak lepas dari absennya Marc Marquez yang mengalami cedera patah lengan parah pasca keceakaan dalam balapan perdana MotoGP 2020 di Sirkuit Jerez, Spanyol, lengan kanan Marquez patah.

Rider asal Spanyol itu pun harus absen hingga akhir musim lalu dan sejauh ini masih terancam absen sampai pertengahan MotoGP 2021. Meskipun tanpa kehadiran Marc Marquez di lintasan balap, kejuaraan dunia MotoGP 2020 berjalan sangat kontras dengan musim sebelumnya.

Berbeda dari MotoGP 2019 yang sepenuhnya dikuasai Marquez, MotoGP 2020 silih berganti memunculkan pemenang balapan baru, termasuk Joan Mir. Mir pada akhirnya merengkuh gelar juara dunia berkat penampilan konsistennya sepanjang musim lalu.

Joan Mir pun tercatat menjadi rider yang berhasil memutus dominasi Marquez dalam empat musim sebelumnya, setelah Jorge Lorenzo pada MotoGP 2015.

Kendati telah berhasil mewujudkan mimpi masa kecil terbesarnya, Mir menilai gelar juara dunia MotoGP bakal lebih berharga andai ada Marquez sebagai kompetitor.

"Hal itu akan lebih berharga. Dalam diri saya, saya merasa tidak akan menjadi juara tanpa cederanya Marquez. Saya ingin meraih gelar juara dunia berikutnya dengan dia (Marquez) di lintasan balap. Hal itu akan memberi nilai lebih," ucap Mir kepada AS, dikutip dari GPOne.

Demi mewujudkan ambisinya itu, Joan Mir pun berharap Marc Marquez segera pulih dan kembali menjalani balapan bersama timnya, Repsol Honda. Mir juga meyakini bahwa cedera yang didapat Marquez kali ini tidak akan mengubah kepiawaiannya dalam mengendarai motor RC213V milik Honda.

"Saya tidak yakin dia akan langsung tampil 100 persen pada awal balapannya, tetapi saya tetap menyimpan keraguan itu dalam diri saya sendiri, sebab hanya Marc (Marquez) yang bisa melakukan hal tersebut," tutur Mir.

"Kalau orang lain, saya tidak ragu. Saya tidak percaya mereka bisa langsung kembali dan memenangi balapan pertama setelah apa yang terjadi. Namun, dengan Marquez, saya tidak punya keraguan," kata dia menegaskan.

MotoGP 2021 bakal dimulai dengan menggelar seri balap perdana di Sirkuit Internasional Losail, Qatar, pada 26-28 Maret mendatang.

Artikel Tag: joan mir, Marc Marquez

618  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini