Joan Mir Akui Pemilihan Ban yang Salah Buat Dirinya Gagal Klaim Podium

Penulis: Abdi Ardiansyah
Senin 07 Jun 2021, 16:45 WIB
Joan Mir

Joan Mir

Berita MotoGP: Joan Mir, pebalap Suzuki Ecstar, gagal mengamankan podium di MotoGP Catalunya karena memilih menggunakan ban medium yang justru menyulitkannya saat balapan.

Joan Mir kecewa usai gagal mengklaim podium di MotoGP Catalunya, putaran ketujuh MotoGP musim ini, Minggu (6/6). Ia menjelaskan bahwa hal tersebut disebabkan oleh kesalahan pemilihan ban. Juara dunia MotoGP 2020 itu menggunakan ban belakang medium untuk balapan di Montmelo yang justru memberinya masalah besar saat memasuki pertengahan balapan

Kesalahan tersebut juga membuat Mir kesulitan mengejar Fabio Quartararo dan Miguel Oliveira yang berada di depannya. Ia bahkan tidak mampu menjaga posisinya yang saat itu berada di urutan ketiga.

Mir yang start dari grid ke-10, harus puas dengan finis urutan kelima MotoGP Catalunya. Namun karena Quartararo dijatuhi penalti 3 detik, pebalap Spanyol itu naik ke posisi keempat. Meski begitu, ia tetap merasa frustrasi usai gagal finis di zona podium.

"Sayang sekali. Saya sudah siap dan ingin memperebutkan podium. Tetapi kami salah pilih ban belakang medium. Itu membuat saya kehilangan terlalu banyak waktu di fase akselerasi jelang akhir balapan. Kami harus balajar dari kesalahan ini," kata Mir dilansir Speedweek.

Biasanya, balapan utama menjadi kekuatan Joan Mir dan Suzuki, namun pemilihan ban yang salah membuat ia sulit tampil maksimal. Pebalap berusia 23 tahun itu harus berjuang melawan Maverick Vinales agar bisa finis di lima besar.

"Saya sebenarnya punya strategi bagus dan bisa menghemat ban di awal (balapan). Tetapi dari pertengahan lomba, saya bermasalah dan tak dapat menjaga kecepatan. Itu membuat frustrasi. Kami seharusnya pakai ban belakang hard," ia menuturkan.

Setelah MotoGP Catalunya, Mir menempati peringkat kelima dalam klasemen pebalap usai mengumpulkan 78 poin, terpaut 37 angka dari Quartararo yang menempati posisi puncak.

Quartararo sendiri finis di urutan ketiga di Catalunya, namun rider Monster Energy Yamaha itu dijatuhi penalti tiga detik karena membuka ritsleting seragam balapnya. Karena sanksi tersebut, ia turun ke posisi keenam.

"Ini tak normal. Dia (Quartararo) membuang pelindung dadanya (chest protector) di Tikungan 3. Itu bisa membahayakan dirinya sendiri dan juga pebalap di belakangnya. Untungnya tidak terjadi apa-apa," ujar Mir.

Artikel Tag: joan mir, Suzuki Ecstar, MotoGP 2021, motogp catalunya

501  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini