Jatuh di MotoGP Catalunya, Marc Marquez Justru Gembira

Penulis: Abdi Ardiansyah
Senin 07 Jun 2021, 15:45 WIB
Marc Marquez

Marc Marquez

Berita MotoGP: Marc Marquez mengaku tak kecewa meski gagal finis akibat terjatuh di MotoGP Catalunya karena ia merasa telah mulai menemukan kemampuan balap terbaiknya lagi.

Pada MotoGP Catalunya berlangsung di Sirkuit Catalunya, Minggu (6/6), Marc Marquez start dari grid ke-13. Namun, ia mampu memulai balapan dengan baik hingga melaju ke barisan depan. Marquez bahkan sempat berada di posisi keenam selama beberapa lap.

Pebalap asal Spanyol itu bersaing dengan Aleix Espargaro (Aprilia Gresini), untuk memperebutkan posisi kelima. Akan tetapi, aksi Marquez terhenti saat balapan baru memasuki lap ketujuh. Ia terjatuh di tikungan ke-10 Sirkuit Catalunya sehingga harus menyudahi balapan lebih awal.

Sementara itu, kemenangan diraih oleh Miguel Oliveira (KTM Red Bull) yang tampil impresif sepanjang balapan. Posisi kedua ditempati oleh Johann Zarco (Pramac Ducati) dan Fabio Quartararo (Monster Energy Yamaha) menjadi pebalap ketiga yang menyentuh garis finis. Jack Miller (Ducati Lenovo) finis setelah ketiga pebalap tersebut.

Namun, keberuntungan memihak Miller usai Quartararo diberi hukuman penalti. Pebalap berjuluk El Diablo itu menerima penalti setelah memotong tikungan pertama dan kedua melalui jalur lebih pendek pada lap-lap terakhir.

Alhasil, Miller berhak atas podium ketiga, sedangkan Quartararo harus turun ke posisi keempat. Pelanggaran tersebut diduga dipicu oleh rasa kecewanya atas insiden terbukanya pakaian balap Quartararo saat balapan menyisakan tiga lap.

Kejadian bermula ketika pebalap asal Prancis itu bersaing dengan Oliveira untuk memperebutkan kemenangan. Tiba-tiba Quartararo kehilangan kecepatan dan posisinya makin menjauh dari Oliveira.

Sementara itu, usai MotoGP Catalunya, Marc Marquez telah tiga kali secara beruntun gagal mendapatkan poin. Meski begitu, ia mengaku gembira karena merasa kemampuan balap terbaiknya telah kembali dalam balapan di Sirkuit Catalunya itu meski tidak sempurna.

“Saya bersenang-senang, saya mendorong (motor dengan kecepatan tinggi), saya menjadi Marc Marquez lagi. Itu adalah tujuh lap terbaik saya musim ini,” kata Marquez, dikutip dari Tuttomotoriweb.

“Saya tahu, bahwa itu akan lebih rumit bagi saya ketika yang lain mengambil langkah, tetapi saya mencoba untuk bertahan dengan mereka. Saya kalah pada setiap akselerasi, tetapi saat mengerem saya mencoba untuk memulihkan diri. Saya merasa saya bisa mengambil risiko, bukan untuk mengejar tempat ke-12 atau lebih buruk,” tuturnya.

Artikel Tag: Marc Marquez, repsol honda, MotoGP 2021, motogp catalunya

2234  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini