Jadi Juar MotoGP, Joan Mir Putuskan Tak Gunakan Nomor Balap 1

Penulis: Abdi Ardiansyah
Minggu 14 Feb 2021, 10:32 WIB
Joan Mir

Joan Mir

Berita MotoGP: Rider Tim Suzuki Ecstar yang merupakan juara bertahan MotoGP, Joan Mir, mengumumkan nomor balap yang akan dipakainya pada musim depan.

Sebagai juara dunia MotoGP 2020, Joan Mir mendapatkan hak istimewa untuk mengenakan nomor balap keramat 1 untuk kompetisi MotoGP musim ini. Nomor 1 menjadi nomor kehormatan rider yang berstatus sebagai juara bertahan.

Dilansir dari laman The Race, menggunakan nomor balap 1 bahkan sebelumnya hampir menjadi sebuah peraturan bagi seorang juara bertahan. Tradisi tersebut kemudian tak dilanjutkan oleh legenda balap asal Inggris, Barry Sheene, pada tahun 70an dan Valentino Rossi pada awal tahun 2000an.

Nomor 1 kemudian hanya muncul empat kali yaitu pada musim 2007 oleh Nicky Hayden, 2008 serta 2012 oleh Casey Stoner, dan 2011 oleh Jorge Lorenzo.

Setelah Rossi, hanya jawara MotoGP lainnya, Marc Marquez, yang tak pernah menyentuh nomor 1 meski sudah merebut trofi juara di MotoGP. Mempertahankan nomor balap yang sama setelah juara sebenarnya bukan sekadar keputusan untuk tampil beda.

Dalam era modern ini rider akan lebih diuntungkan ketika mengaitkan dirinya dengan sebuah identitas unik, utamanya ketika berbicara soal penjualan merchandise.

Mir pada akhirnya tetap mempertahankan nomor 36 yang sudah menjadi nomor balapnya sejak balapan debut di kelas Moto3 pada 2015.

"Suatu hari saya bangun dan memutuskan bahwa nomornya akan tetap sama seperti biasa," kata Mir menjelaskan keputusannya untuk tetap memakai nomor 36.

"Sebenarnya akan sangat luar biasa untuk menggunakan nomor 1, sebuah pengalaman unik dan mimpi. Akan tetapi, saya percaya 36 adalah nomor yang dengannya saya telah bekerja keras dan membawa saya ke posisi sekarang, memenangi dua gelar juara dunia."

"Saya mengangggap pekerjaan saya belum berakhir, saya harus terus berusaha, lebih keras dari sebelumnya, dengan nomor ini," tandasnya.

Artikel Tag: joan mir, Suzuki, MotoGP 2021

690  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini