Insiden Ini yang Bikin Marc Marquez Gagal Gabung Ducati

Penulis: Abdi Ardiansyah
Minggu 16 Feb 2020, 22:35 WIB
Insiden Ini yang Bikin Marc Marquez Gagal Gabung Ducati

Marc Marquez bertarung dengan Duo Ducati, Andrea Dovizioso dan Danilo Petrucci.

Berita MotoGP: Pengamat MotoGP, Carlo Pernat, mengungkapkan bahwa sebenarnya Marc Marquez hampir saja bergabung dengan Ducati. Namun ada satu kejadian yang membuatnya kehilangan simpati dari berbagai pihak.

Sejak naik kelas ke MotoGP pada musim 2013 silam, Marc Marquez menjadi sosok yang fenomenal lantaran selalu tampil kompetitif di setiap musimnya. Tujuh musim berlaga di kelas tertinggi, ia sudah mengoleksi enam gelar juara.

Satu-satunya kegagalan Marquez untuk merebut gelar juara dunia MotoGP terjadi pada musim 2015 di mana saat itu Yamaha sedang tampil apik. Duet Jorge Lorenzo dan Valentino Rossi andalan Yamaha mampu meredam keganasan Marquez. Selain kegagalan merebut juara dunia, 2015 menjadi tahun yang rumit.

Pasalnya ia terlibat insiden besar dengan Rossi hingga membuat The Doctor gagal juara. Marquez yang tampil agresif membuat Rossi yang tengah bersaing ketat bersama rekan satu timnya, Jorge Lorenzo, untuk meraih gelar juara dunia harus rela menelan pil pahit.

Dalam insiden yang dikenal dengan sebutan 'Sepang Clash' itu, Marquez bersinggungan dengan Rossi saat balapan memasuki lap ketujuh. Kans Rossi untuk menjadi juara dunia menipis setelah race director memutuskan untuk menjatuhkan hukuman padanya.

Rossi harus mengawali balapan terakhir MotoGP 2015 yang digelar di Sirkuit Ricardo Tormo, Valencia dari urutan paling belakang. Alhasil ia kalah dari Lorenzo.

Pengamat MotoGP, Carlo Pernat menyebut bahwa Marquez sebenarnya sedikit lagi akan bergabung dengan Ducati, namun harus gagal total karena insiden tersebut.

"Marc Marquez telah mengarahkan pandangannya ke Ducati. Sebelum peristiwa terkenal yang terjadi di Sepang 2015, di mana semua orang mempunyai sudut pandang dan teorinya masing-masing," kata Carlo Pernat, dilansir dari Tuttomotoriweb.

Setelah kejadian itu, Philip Morris yang menjadi sponsor utama bagi skuat Ducati kala itu akhirnya enggan untuk mendukung langkah tersebut.

"Secara khusus, Phillip Morris adalah pihak pertama yang mendorong ke kepindahan itu, dan mereka telah mengucurkan dana untuk merekrut Marquez," tutur Pernat menjelaskan.

"Apa yang terjadi di Malaysia bagaimanapun juga bisa menjadi lebih baik atau lebih buruk untuk memberikan tanda silang kepada Marquez, jika itu tidak terjadi, dia mungkin akan membalap untuk Ducati hari ini," pungkasnya.

Artikel Tag: Marc Marquez, Ducati, Honda

5255  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini