Inilah Keuntungan Jika MotoGP Dihelat di Indonesia

Penulis: Abdi Ardiansyah
Sabtu 23 Feb 2019, 17:00 WIB
Inilah Keuntungan Jika MotoGP Dihelat di Indonesia

Aksi start para pebalap MotoGP

Berita MotoGP: Menurut Honda, kembalinya gelaran MotoGP ke Indonesia pada tahun 2021 mendatang akan membawa banyak keuntungan bagi Indonesia sendiri.

Sejak terakhir kalinya pada tahun 1997, sirkuit-sirkuit balap motor di Indonesia tak pernah mendapat respon positif untuk menggelar Grand Prix di Tanah Air lagi.

Namun kabar baiknya adalah Indonesia telah meneken kesepakatan dengan Dorna Sport menggelar MotoGP di tahun 2021 mendatang, dan Sirkuit Mandalika di Lombok, NTB, bakal menjadi salah satu sirkuit yang akan menggelar ajang balap kelas dunia tersebut.

Menanggapi kabar tersebut, Senior Manager Safety Riding and Motorsport PT. Astra Honda Motor (AHM), Anggono Iriawan, sangat mendukung pembangunan sirkuit balap tersebut karena hadirnya MotoGP di Indonesia telah dinanti-nanti para penggemarnya.

"Kalau Sirkuit Mandalika ini direalisasikan kami pasti sangat happy. Yang antusias bukan hanya kami yang berkecimpung di dunia balap. Tapi juga para fans MotoGP di Indonesia yang punya populasi luar biasa banyak," ujar Anggono, dilansir dari detikOto.

Bukan hanya itu, hadirnya balapan sekelas MotoGP tersebut tidak hanya berdampak pada dunia balap di Indonesia, namun juga dari berbagai aspek seperti ekonomi dan pariwasata di Bumi Pertiwi.

"Impact-nya kan nggak hanya ke balap ya, dunia pariwisata juga. Ya banyak impact positifnya lah, negara kita juga berarti dikenal aman, karena bisa menyelenggarakan event yang levelnya dunia," pungkas Anggono.

Rencananya, sirkuit yang akan mengusung konsep sirkuit jalan raya dengan panjang 4,32 km. Lintasan akan terdiri dari 18 tikungan dan satu lintasan lurus.

Untuk sarana penunjang, area paddock akan memiliki 40 garasi untuk kegiatan operasional tim balap. Sementara kapasitas grand stand mencapai 93.200 tempat duduk. Itu belum termasuk 138.700 area tanpa tempat duduk dan hospitality suites yang mampu menampung hingga 7.700 penonton.

Artikel Tag: MotoGP 2021, MotoGP Indonesia, sirkuit mandalika, Honda

6003  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini