Inilah Kalender MotoGP World Championship 2019

Penulis: Datuk Nofri
Jumat 12 Okt 2018, 14:14 WIB
Inilah Kalender MotoGP World Championship 2019

Jumlah Seri MotoGP World Championship 2019 Tetap Sama Seperti Musim ini

Berita MotoGP: Kalender MotoGP World Championship telah dirilis dan tak ada perubahan signifikan dari musim ini karena jumlah seri tetap 19. Hanya saja jadwal seri perdana sedikit dimajukan karena musim depan seri perdana di Losail Qatar dimulai pada 10 Maret. Pemajuan jadwal ini diambil agar tidak berbarengan dengan jadwal penyelenggaraan Formula 1.

Seri kedua juga akan berlangsung di Termas de Rio Hondo Argentina sebagaimana musim ini. Untuk musim depan dijadwalkan dua pekan seusai seri perdana di Losail, kemudian seri ketiga tetap berlangsung di Circuit of the Americas (COTA) Austin Texas sebelum para pebalap bertolak ke Eropa untuk mengikuti sejumlah seri sebelum terbang lagi ke Asia dan Australia dan kembali ke Eropa yaitu di GP Valencia, Spanyol. 

Seri perdana Eropa tetap akan dilangsungkan di Jerez Andalusia dan musim depan dijadwalkan berlangsung pada 5 Mei. Kemudian seperti biasa, seri-seri berikutnya tetap dilangsungkan di Le Mans, Mugello, Catalunya dan Assen. 

Hanya saja untuk MotoGP Jerman musim depan, masih diragukan apakah Sirkuit Sachsenring yang merupakan salah satu sirkuit terfavorit Marc Marquez dari tim Repsol Honda itu tetap digunakan seiring ada rencana untuk dialihkan ke Sirkuit Nurburgring sebagaimana yang dilaporkan Motorsportweek.

Dengan demikian dua negara yang diprediksi masuk dalam kalender MotoGP World Championship musim depan yakni Finlandia dan Meksiko ditangguhkan dan sepertinya kedua negara baru bisa masuk dalam kalender untuk musim berikutnya. 

Adapun faktor penyebab mengapa kedua negara urung masuk dalam kalender MotoGP World Championship musim depan adalah karena masalah belum rampungnya kedua sirkuit di kedua negara seperti yang diharapkan.  

sedikit perubahan lainnya dari jadwal musim depan adalah masa jeda paruh musim yang biasanya berlangsung selama sebulan, musim depan akan berlangsung selama dua pekan saja.  

Paruh kedua tetap akan digelar di Brno Repulkik Ceko sebagaimana musim ini dan musim depan dijadwalkan pada 4 Agustus. 

Artikel Tag: MotoGP World Championship 2019, GP Valencia, motogp

7844