Ini yang Harus Dilakukan Alex Marquez untuk Bertahan di MotoGP

Penulis: Abdi Ardiansyah
Jumat 01 Okt 2021, 01:20 WIB
Alex Marquez

Alex Marquez

Ligaolahraga.com -

Berita MotoGP: Alex Marquez mengungkapkan bahwa dirinya tahu cara agar dirinya bisa tetap bertahan di MotoGP, yakni harus mengambil langkah besar pada musim depan.

Alex Marquez menjalani debutnya di ajang MotoGP yang menjanjikan pada tahun lalu bersama Repsol Honda. Sebagai seorang rookie, ia menjalani musim 2020 dengan performa yang inkonsisten dengan raihan dua podium.

Sebelum kejuaraan MotoGP 2021 dimulai, yang sempat tertunda akibat pandemi Covid-19, Honda Racing Corporation (HRC) memutuskan untuk memperbarui kontraknya selama dua tahun. Namun pada akhirnya ia diminta untuk membela tim satelit, LCR, dengan dukungan pabrikan. 

Setelah tampil dalam 14 balapan bersama tim milik Lucio Cecchinello tersebut, Marquez kini menduduki peringkat ke-16 dalam klasemen sementara pebalap usai mengoleksi 50 poin. Pencapaian terbaiknya yakni P6 di MotoGP Prancis.

Bergabungnya rider asal Spanyol itu bersama Honda menjadi salah satu momen paling sulit dalam sejarah mereka di MotoGP. Pada musim 2020, pabrikan asal Jepang itu menjalani periode terburuknya semenjak HRC dibuat pada tahun 1982.

Honda bahkan menutup musim tanpa podium utama untuk pertama kalinya. Pada tahun 2021, mereka sudah pernah merebut kemenangan di MotoGP Jerman lewat Marc Marquez serta podium kedua di Aragon.

“Musim secara umum dimulai dengan awal yang sulit. Saya tak memiliki tahun yang mudah di Honda. Namun Anda harus tetap positif dan terus bergerak maju. Sulit untuk dapat memahami banyak hal, terutama jika itu Anda atau motornya atau semua yang terjadi,” ujar Marquez dikutip dari Motorsport.com.

Sang pebalap pun menyebut mesin sebagai masalah utama motor RC213V saat ini, sesuatu yang sedang terus dibenahi oleh timnya, berdasarkan feedback dari sang kakak, Marc Marquez.

“Saya pikir di mana masalah utamanya adalah di mana kami tidak dapat berkembang tahun ini karena regulasi. Namun di situlah mereka akan coba membuat langkah untuk tahun depan. Honda memiliki sikap dan mereka siap membuat langkah besar,” jelasnya.

Setelah musim 2021 yang relatif tenang, musim 2022 akan menjanjikan periode sibuk bagi Honda, serta sebagian besar kontrak para ridernya akan habis. Alex Marquez pun sadar harus bisa tampil lebih baik demi mendapatkan perpanjangan kontrak.

“Saya belajar bahwa di dunia ini Anda tidak hidup di masa lalu dan tak bisa hidup memikirkan masa depan. Untuk tetap berada di MotoGP, saya harus banyak berkembang. Kita akan lihat apa yang terjadi pada 2022,” Marquez menuturkan.

“Kontrak akan berjalan lebih lambat, tidak secepat tahun-tahun lainnya. Namun 2022 adalah periode di mana kami semua harus mengambil langkah maju,” tukasnya.

Artikel Tag: Alex Marquez, Honda, MotoGP 2021

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/motogp/ini-yang-harus-dilakukan-alex-marquez-untuk-bertahan-di-motogp
912  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini