Ini Rahasia Rossi Rebut Podium Di MotoGP Jerman

Penulis: Ruddy
Senin 16 Jul 2018, 19:45 WIB
Ini Rahasia Rossi Rebut Podium Di MotoGP Jerman

Valentino Rossi.

Berita MotoGP: Pebalap tim Movistar Yamaha, Valentino Rossi, berhasil menemukan pengaturan yang tepat pada motornya untuk menjaga kansnya meraih podium pada MotoGP Jerman akhir pekan lalu. Rossi berhasil meraih podium 2 di Sirkuit Sachsenring.

Setelan khusus menjadi solusi agar Yamaha M1 bisa melaju lebih stabil, seimbang, dan kencang di tikungan, menjadi rahasianya. Namun begitu, Rossi tidak menampik jika Yamaha masih mengalami masalah yang sama pada sektor akselerasi yang dirasanya sedikit kalah dari pesaingnya.

Rossi juga mengungkapkan keheranannya melihat Ducati yang menurutnya tidak memberikan perlawanan yamg kuat. Terlepas dari itu semua, Rossi menganggap balapan akhir pekan lalu adalah yang terbaik selama musim 2018 ini.

"Pada dua atau tiga lap pertama, saya merasa sangat nyaman di atas motor," kata pebalap legendaris itu. "Saya merasa mampu menekan dan menyerang. Pada satu titik bahkan saya merasa mampu mengejar Marquez. Ya, saya cukup kuat, tapi itu tidak cukup."

Akhir pekan lalu, Yamaha sukses mengamankan dua podium yang tersisa. Hal itu, menurut Rossi, tak lepas dari setelan motor yang sesuai dengan lintasan.

"Kami berhasil menemukan settingan yang sempurna," kata Rossi. "Hal itu membuat motor kami lebih stabil dan seimbang, dan lebih baik daripada biasanya."

meski begitu, Rossi masih membutuhkan bantuan para insinyur Yamaha untuk masalah elektronik.

"Faktanya, saya dan Maverick (Vinales) lebih kuat di Jerman," kata Rossi. "Hanya saja kami membutuhkan bantuan untuk perangkat elektronik yang mengatur akselerasi motor."

Hambatan di sisi akselerasi ini sudah menghantui Yamaha sejak 12 bulan terakhir. "Musim ini masih cukup panjang, jadi saya masih berharap tim di Jepang dapat membantu kami (untuk masalah elektronik, red.)," tutup Rossi.


Artikel Tag: motogp, yamaha, Honda, Ducati, Valentino Rossi, Maverick Vinales, Jorge Lorenzo, Marc Marquez

9157