Ini Kelemahan Terbesar Yamaha Menurut Valentino Rossi

Penulis: Ruddy
Rabu 11 Jul 2018, 21:00 WIB
Ini Kelemahan Terbesar Yamaha Menurut Valentino Rossi

Valentino Rossi sebut akselerasi sebagai kelemahan utama Yamaha. (Autosport)

Berita MotoGP: Pebalap legendaris Yamaha, Valentino Rossi, menganggap musim ini sangat mirip dengan musim 2014. Kemiripannya adalah Marc Marquez yang selalu unggul dari para pebalap lainnya di lintasan. Kala itu, Marquez memenangkan gelar juara dunia.

Rossi, mengatakan bahwa dirinya akan sulit mengejar poin Marquez di sisa balapan MotoGP musim ini.

"Musim ini sedikit mengingatkan saya akan musim 2014 lalu," kata pebalap senior itu. "Saat itu, Marquez sedikit unggul dari para pebalap lainnya. Tetapi saat itu saya juga berada di sana, dan memenangkan cukup banyak podium."

Berbicara soal memenangkan balapan, kini sudah lebih dari setahun Yamaha tidak meraih gelar juara. GP Belanda yang lalu adalah tonggak sejarahnya.

"Rasanya memang sudah lama sekali kami tidak lagi memenangkan balapan," ujar Rossi sedih. "Meski tak bisa dipungkiri juga, bahwa saya dan Maverick (Vinales) meraih beberapa poin dengan meraih beberapa podium. Bahkan dia (Vinales) menjadi runner up (di Assen, red)."

Menurut Rossi, masalah utama yang dihadapi Yamaha adalah soal akselerasi motor yang kalah dibandingkan para pesaingnya di lintasan.

"Motor lainnya berhasil membuat langkah besar dalam hal akselerasi dengan bantuan perangkat elektronik," kata Rossi. "Dan kami sedikit tertinggal dalam hal itu."

Rossi mengatakan, meski Yamaha memiliki superioritas dalam hal pengendalian dan pengereman, namun masalah akselerasi tak bisa dipungkiri menjadi kelemahan terbesar tim pabrikan garpu tala tersebut, yang bagi Rossi menjadi sebab Yamaha tak lagi langganan juara.

"Saya harap Yamaha bisa menyelesaikan masalah ini (akselerasi, red)," harap Rossi. "Sebab kejuaraan masih panjang. Saya berharap di akhir musim ini kami memiliki banyak potensi untuk kembali meraih kemenangan, meski itu sulit."

Artikel Tag: motogp, Berita MotoGP, gp jerman, Sirkuit Sachsenring, yamaha, Maverick Vinales, Valentino Rossi, Honda, Marc Marquez, Ducati, Jorge Lorenzo, Andrea Dovizioso, Suzuki, Andrea Iannone, Alex Rins

4738