Honda Teken Kontrak dengan MotoGP Hingga Musim 2026

Penulis: Abdi Ardiansyah
Sabtu 06 Feb 2021, 20:55 WIB
Marc Marquez, Repsol Honda.

Marc Marquez, Repsol Honda.

Berita MotoGP: Honda telah resmi memperpanjang kontrak bersama Dorna Sport selaku penyelenggara MotoGP untuk tetap berkompetisi di kasta tertinggi hingga 2026.

Tim Honda pun tercatat jadi tim pabrikan ketiga yang memastikan penampilan mereka di MotoGP setelah musim MotoGP 2021 nanti berakhir. Sebagaimana diketahui, kontrak tim-tim pabrikan di MotoGP musim ini bakal berakhir.

Langkah skuat ini telah didahului oleh KTM dan Ducati untuk memperpanjang kontrak partisipasi mereka di MotoGP pada musim 2022-2026. Komitmen skuat ini juga punya arti krusial mengingat status mereka sebagai salah satu pabrikan tersukses MotoGP. Mereka tercatat sudah mencetak 800 kemenangan di semua kategori sejak melakukan debut grand prix pada seri Isle of Man TT pada 1954.

Saat berbicara tentang prestasi di kelas tertinggi, prestasi pabrikan asal Tokyo itu juga paling mentereng dengan koleksi 25 gelar juara dunia.

"Kami sangat senang telah memperbarui kontrak kami untuk tampil di MotoGP pada 2022 hingga 2026," ucap Managing Officer Honda Motor, Noriaki Abe.

"MotoGP adalah kasta tertinggi balap motor sehingga membantu kami mengembangkan berbagai teknologi dan mengasah para insinyur kami melalui persaingan yang ketat."

Kesepakatan baru dengan skuat asal Tokyo ini pun turut disambut baik oleh Carmelo Ezpeleta sebagai CEO Dorna Sports, penyelenggara MotoGP.

"Pengumuman penting ini membawa kebanggaan besar bagi MotoGP. Honda adalah salah satu nama pertama yang terlintas di benak kita saat memikirkan balap sepeda motor. Mereka telah menjadi bagian penting di masa lalu, sekarang, dan masa depan."

"Pembaruan ini semakin memperkuat komitmen antara kedua belah pihak," tandasnya.

Skuat ini akan menurunkan empat pembalap pada MotoGP 2021. Rider andalan, Marc Marquez, akan memperkuat tim pabrikan bersama rekrutan baru dari KTM, Pol Espargaro.

Sementara tim satelit LCR Honda akan diperkuat Takaaki Nakagami dan Alex Marquez. Keduanya akan dipersenjatai motor RC213V terbaru. Hanya Yamaha, Suzuki, dan Aprilia yang belum memperpanjang kontrak mereka di MotoGP meski pengumuman resmi diprediksi akan datang dalam waktu dekat. Sementara dari kubu tim independen, sudah ada LCR, Gresini, dan Tech3 yang mengonfirmasi partisipasi mereka di MotoGP untuk lima musim berikutnya. Dorna sendiri berharap MotoGP 2022 akan diikuti oleh 24 tim dengan setiap pabrikan memiliki satu tim satelit.

Artikel Tag: Honda, MotoGP 2021

476  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini