Honda Makin Kehilangan Arah, Marc Marquez Sulit Jinakkan Motor

Penulis: Abdi Ardiansyah
Senin 23 Mei 2022, 09:35 WIB
Honda, Marc Marquez

Marc Marquez

Ligaolahraga.com -

Berita MotoGP: Pengamat MotoGP, Dennis Noyes, menyebut pengembangan yang dilakukan Honda di MotoGP 2022 justru membuat jiwa motor RC213V berbeda dari musim-musim sebelumnya.

Hingga MotoGP 2022 melangsungkan tujuh balapan, Marc Marquez masih bekerja keras untuk merebut podium pertamanya musim ini. Ia tak kunjung menemukan sentuhan terbaiknya dengan motor Honda RC213V versi teranyar yang benar-benar berbeda dari sebelumnya.

Jalan untuk merebut gelar juara dunia kian berat lantaran rider asal Spanyol itu sempat melewatkan dua balapan karena cedera.

Pengamat MotoGP, Dennis Noyes, juga tidak ketinggalan menyoroti problem yang dialami Marquez pada musim ini, salah satunya dari sisi teknis.

Kebijakan Honda Racing Corporation (HRC) untuk memberikan porsi yang sama dalam pengembangan motor RC213V dinilai membawa dampak buruk. Pabrikan asal Jepang itu kini seperti kehilangan arah.

Sebelumnya, kuda besi RC213V selalu garang walau hanya bisa dioptimalkan oleh Marquez yang memang menjadi tumpuan utama Honda dalam menentukan arah pengembangan.

Noyes bahkan tak segan menyebut Marc Marquez musim ini seolah-olah tidak menunggangi motor miliknya. Tak ayal, pria berusia 29 tahun tersebut harus bekerja keras untuk menemukan setelan motor yang sesuai di setiap balapan.

"Motor ini seolah-olah bukanlah motor Marc Marquez," ucap Noyes dikutip dari Motosan.

"Dia tidak dalam posisi untuk berkontribusi pada pengembangan motor,” imbuhnya.

"Dan dia melanjutkan itu dari waktu ke waktu, menyetel motornya, tapi sekarang mereka sudah kehilangan arah," ia melanjutkan.

Tidak hanya Marquez, motor RC213V juga meninggalkan masalah untuk tandemannya, yakni Pol Espargaro. Rider berusia 30 tahun itu bahkan merasa motor musim ini tak punya kelebihan sama sekali.

"Bahkan Pol Espargaro mengatakan bahwa motor ini tidak memiliki kelebihan," ucap Noyes.

Dengan masalah rumit yang menimpa Honda, Ia berani memprediksi Marquez akan sulit untuk menyabet titel juara, bahkan untuk sekedar finis podium.

"Sejak dia tiba di kelas ini, Marc Marquez selalu mengatakan apa yang ingin Anda ketahui, tapi dia tidak pernah berbohong," ia menuturkan.

"Saya tidak pernah memergokinya mengatakan sesuatu yang tidak benar dengan apa yang dia katakan."

"Dengan semua fakta di depannya, dia bukan lagi kandidat untuk gelar juara, dia juga hampir tidak menjadi kandidat untuk podium," tutup Noyes.

Artikel Tag: Marc Marquez, repsol honda, MotoGP 2022

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/motogp/honda-makin-kehilangan-arah-marc-marquez-sulit-jinakkan-motor
792  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini