Honda Dinilai Lakukan Kesalahan Depak Miller

Penulis: Abdi Ardiansyah
Minggu 31 Mei 2020, 22:10 WIB
Honda Dinilai Lakukan Kesalahan Depak Miller

Jack Miller, Honda Marc VDS

Berita MotoGP: Mantan Bos Repsol Honda, Livio Suppo, makin yakin bahwa Honda Racing Corporation (HRC) telah melakukan kesalahan besar dengan melepas Jack Miller pada akhir 2017. Apalagi kini Miller sukses bersinar dan naik ke tim pabrikan Ducati.

Sebagaiaman diketahui, Jack Miller merupakan pebalap yang mampu naik langsung dari Moto3 ke MotoGP. Hal ini tak lepas dari jasa Livio Suppo yang merupakan eks Team Principal Repsol Honda.

Ia juga yang meyakinkan HRC untuk memberikan Miller kontrak berdurasi tiga tahun dan diturunkan di tim satelit Honda, Marc VDS. Miller pun sukses menang di Assen, Belanda, pada 2016. Pun demikian Miller tak pernah mendapat dukungan teknis mumpuni.

Padahal awalnya ia diproyeksikan untuk menuju ke Repsol Honda pada 2017. Lantaran kurangnya kepercayaan Honda, Miller pun memilih hengkang ke Pramac Racing pada 2018.

"Saya merasa sangat kecewa, karena saya telah melakukan segalanya demi meyakinkan HRC untuk mempertahankan Jack. Marc VDS juga menginginkannya. Padahal Jack juga sudah rela tak lagi dapat kontrak langsung dari HRC, dan ia hanya ingin mempertahankan crew chief-nya, Ramon Aurin," ungkap Suppo kepada GPOne.

"Namun Takeo Yokohama (Direktur Teknis HRC) justru yakin Ramon penting untuk Takaaki Nakagami (LCR Honda). Saya akhirnya berhasil meyakinkan Tetsuhiro Kuwata (Direktur HRC) untuk tetap menggandengkan Jack dengan Ramon, tapi Jack sudah memutuskan hengkang," lanjutnya.

Langkah HRC inilah yang membuat Miller akhirnya mememilih hengkang ke Pramac, yang berstatus sebagai tim junior Ducati.

"Jack merasa Honda tak lagi percaya padanya, padahal hal ini sangat penting bagi pebalap. Di lain sisi, Ducati justru memberikan kepercayaan itu padanya," ujar Suppo.

"Kami sudah berinvestasi besar padanya, sudah jelas ia punya potensi tapi tak selalu mendapat kondisi teknis terbaik. Jadi itulah saatnya kami melanjutkan kepercayaan padanya. Kala itu saya sungguh marah. Rasanya seperti jual saham tapi justru kehilangan banyak uang," pungkasnya.

Artikel Tag: Jack Miller, Ducati, MotoGP 2021, Honda

741  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini