Honda Bantah Marquez Diuntungkan dengan Ditundanya MotoGP 2020

Penulis: Abdi Ardiansyah
Senin 30 Mar 2020, 10:20 WIB
Honda Bantah Marquez Diuntungkan dengan Ditundanya MotoGP 2020

Marc Marquez

Berita MotoGP: Manajer Tim Repsol Honda, Alberto Puig, membantah anggapan bahwa Marc Marquez banyak diuntungkan dengan ditundanya MotoGP 2020 akibat pandemi virus corona.

Merebaknya pandemi Covid-19 telah membuat hampir seluruh event di dunia harus dibatalkan. Gelaran MotoGP pun juga merasakan dampaknya. Hingga saat ini sudah ada lima balapan yang gagal digelar sesuai jadwal.

Lima seri itu adalah MotoGP Qatar (8 Maret 2020), GP Thailand (22 Maret), GP Americas (5 April), GP Argentina (19 April), dan GP Spanyol (3 Mei). Akibatnya, para pebalap kini harus menambah masa liburannya setidaknya hingga tiga bulan.

Marc Marquez disebut menjadi salah satu kontestan yang diuntungkan dari start kejuaraan yang tertunda ini. Sebab, sang juara bertahan itu kini masih dalam masa pemulihan bahu kanannya yang mengalami cedera di akhir musim lalu.

Kondisi tersebut membuat Marquez tampak kesulitan menunjukkan performa terbaiknya pada tes pramusim di Malaysia dan Qatar.

Akan tetapi, pendapat itu dibantah tegas oleh sang Manajer Tim Repsol Honda, Alberto Puig.

"Marc tidak pernah berpikir seperti itu," ungkap Puig seperti dikutip dari AS.

Puig pun mengakui bahwa Marquez memang tidak akan tampil dalam kondisi 100 persen jika balapan perdana MotoGP Qatar tetap digelar sesuai jadwal. Namun Puig yakin sang juara bertahan itu tak akan tampil ngotot saat balapan.

"Katakan saja dia 60 persen pulih. Banyak orang berpikir dia akan datang, hanya melakoni balapan kemudian pulang ke rumah. Tetapi jangan salah. Minggu malam itu, dengan kesulitan, rasa sakit, dan penderitaan yang besar, Marquez bakal berada di grup terdepan."

Pernyataan Puig ini berkaca pada apa yang dialami Marquez musim lalu. Ia pernah mengalami situasi serupa pada MotoGP 2019. Saat itu ia memulai musim dengan kondisi bahu kiri yang belum pulih benar.

Pun demikian, The Baby Alien sanggup tampil kompetitif sejak seri pertama. Dia hampir menang di Qatar andai tidak disalip kembali Andrea Dovizioso (Ducati) di tikungan terakhir. Tiga pekan berselang, Marquez berhasil meraih kemenangan pertama pada musim itu setelah finis pertama dalam balapan seri kedua MotoGP Argentina 2019.

Artikel Tag: Marc Marquez, motogp 2020, Honda

799  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini