Hari Ini Masa Depan Miguel Oliveira Ditentukan

Penulis: Abdi Ardiansyah
Kamis 16 Jun 2022, 11:40 WIB
Miguel Oliveira

Miguel Oliveira

Ligaolahraga.com -

Berita MotoGP: Setelah dipastikan kehilangan kursi di tim pabrikan KTM, Miguel Oliveira berencana mengumumkan masa depannya pada jumpa pers MotoGP Jerman hari ini (16/6).

Musim 2022 menjadi tahun keempat Miguel Oliveira sebagai pebalap MotoGP bersama satu pabrikan, KTM. Ia menggeber kuda besi RC16 milik tim satelit Tech3 pada 2019 dan 2020. Kemudian, Oliveira dipromosikan ke tim pabrikan Red Bull KTM Factory Racing.

Selama tampil empat musim di kelas utama, sang pebalap mengalami pasang-surut performa. Dalam tiga tahun terakhir, rider asal Portugal itu mampu meraih empat kemenangan.

Sejak 2020, hanya Fabio Quartararo dan Francesco Bagnaia saja yang mampu lebih baik daripada Oliveira dari sisi jumlah kemenangan, dimana masing-masing mengoleksi 10 dan 6 podium utama.  

Tahun ini, Miguel Oliveira sudah memenangi satu balapan, MotoGP Indonesia. Namun, seri kedua musim 2022 tersebut berlangsung dalam kondisi tidak normal karena trek basah akibat guyuran hujan.

Tetapi, dalam tujuh balapan selanjutnya, ia hanya mampu mengumpulkan 32 poin dengan hasil finis terbaik P5 di MotoGP Portugal. Akibatnya, jelang MotoGP Jerman akhir pekan ini, Oliveira hanya berada di P11 klasemen pebalap dengan mengumpulkan 57 poin.

Mengacu hasil terakhir itulah KTM tampaknya kecewa dengan raihan sang pebalap. Jack Miller lantas didatangkan oleh pabrikan asal Austria tersebut sebagai tandeman baru Brad Binder pada musim depan.

Beberapa waktu lalu, Oliveira menegaskan dirinya menolak untuk dikembalikan ke tim satelit KTM, Tech3. Karena itulah Herve Poncharal selaku pemilik tim tersebut kini berusaha membujuk Pol Espargaro untuk kembali membawa kuda besi RC16.

Untuk pindah ke pabrikan lain, sepertinya peluang bagi Oliveira sangatlah kecil, bahkan bisa dibilang tidak ada. Tim satelit seperti Gresini Racing dan RNF Racing kabarnya berminat memboyong pria berusia 27 tahun itu.

Kendati begitu, kabar terakhir mengatakan ia makin condong ke Gresini. Isunya, Oliveira bakal menggantikan Enea Bastianini yang akan mendapat tempat di tim pabrikan Ducati atau pindah ke Pramac Racing.

Sang rider sendiri rencananya akan mengumumkan masa depannya pada jumpa pers untuk MotoGP Jerman pada hari ini (16/6).

Pengumuman tersebut diyakini bisa segera mengakhiri sejumlah spekulasi liar tentang masa depannya sehingga ia bisa fokus memberikan yang terbaik untuk KTM sampai akhir musim 2022.

Artikel Tag: Miguel Oliveira, ktm, MotoGP 2022

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/motogp/hari-ini-masa-depan-miguel-oliveira-ditentukan
737  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini