Hamilton Sedih Industri Formula 1 Terlalu Didominasi Kalangan Atas

Penulis: Abdi Ardiansyah
Minggu 03 Mei 2020, 21:55 WIB
Hamilton Sedih Industri Formula 1 Terlalu Didominasi Kalangan Atas

Lewis Hamilton meraih gelar juara perdananya bersama McLaren di Formula 1 2008.

Berita MotoGP: Lewis Hamilton mengkritik lingkungan Formula 1 yang terlalu didominasi oleh kalangan atas. Selain menceritakan kisahnya berangkat dari keluarga yang kurang mampu, Hamilton juga berencana membantu para pebalap muda masuk ke dunia Formula 1.

Hamilton mengungkapkan keprihatinannya terhadap anak yang punya impian besar berkarier di dunia Formula namun terhalang oleh masalah biaya. Sang juara dunia ini pun menyesalkan bahwa industri balap Formula ini terlalu mahal dan sulit dijangkau oleh kelas menengah.

Pebalap asal Inggris ini pun menceritakan soal perjuangannya dahulu dalam meniti karier di tengah keterbatasan finansial keluarganya.

Meskipun Hamilton bukan berasal dari keluarga yang kaya, tetapi dia berhasil menembus arena balap dengan bantuan ayahnya, Anthony, yang akhirnya direkrut oleh McLaren.

Dalam wawancaranya bersama Style Magazine, Hamilton mengungkapkan pengalamannya bisa masuk lingkungan F1 karena kerja keras dan berpikir positif.

"Saya tidak pernah berpikir untuk berhenti, dan itulah alasan saya bisa berada di sini hari ini. Akan tetapi, memang pasti ada saja masa-masa sulit,”  tutur Hamilton dilansir dari laman Crash.

"Saya ingat saat pulang sekolah, dan sangat bersemangat untuk pergi karting, dan ayah saya mengatakan kepada saya bahwa kami tidak punya cukup uang untuk pergi minggu itu. Tetapi, anak-anak lain di trek tak memiliki kekhawatiran itu."

Dengan pengalaman itu, ia pun melihat kondisi hari ini di lingkungan arena balap tak jauh beda dengan dahulu, bahkan menurutnya lebih buruk.

"Sejujurnya sangat mustahil bagi saya bisa masuk ke industri ini," tutur Hamilton.

 “Saya berharap saya bisa mengatakan itu lebih baik hari ini itupun jika demikian, tapi saya pikir situasinya lebih buruk dari sebelumnya. Balapan menjadi sangat mahal sehingga kelas pekerja dan para penghasilan yang lebih rendah sudah tidak bisa masuk sejak awal.”

Hamilton pun berharap bahwa setiap orang harus punya keinginan kuat jika ingin membangun karier di F1. Ia juga berencana untuk membantu sebagian para pebalap muda agar bisa masuk dalam dunia Formula 1.

"Jika, kami tidak berusaha membuat jalur bagi mereka yang memiliki kesempatan dengan latar belakang yang berbeda, maka kita pantas untuk disalahkan," tuturnya.

Artikel Tag: Lewis Hamilton, f1 2020, Mercedes

491  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini