Hadirkan Berbagai Teknologi Baru di MotoGP, Ducati Dapat Pujian dari KTM

Penulis: Abdi Ardiansyah
Senin 23 Mei 2022, 23:35 WIB
Ducati, Francesco Bagnaia

Francesco Bagnaia

Ligaolahraga.com -

Berita MotoGP: Bos KTM, Pit Beirer, merasa kagum dengan Ducati karena pabrikan asal Italia itu selalu berusaha meningkatkan performa motor dengan beragam teknologi baru.

Bos KTM, Pit Beirer, mengakui kecerdasan Ducati dalam menghadirkan berbagai teknologi baru untuk meningkatkan performa kuda besi mereka, Desmosedici GP. Mulai dari winglet, spoiler ban belakang, holeshot device dan yang teranyar ride height adjuster.

Semua teknologi yang diperkenalkan oleh pabrikan asal Borgo Panigale itu kerap mendapat kritikan karena dianggap menyalahi aturan. Tapi, setelah dinyatakan tak melanggar regulasi yang berlaku, seluruh pabrikan di MotoGP pun mengikuti langkah mereka.

Namun, ride height adjuster dianggap menjadi alat yang tak sesuai dengan aturan sehingga penggunaannya bakal dilarang pada musim depan. Perangkat ini juga mendapat kritikan dari sebagian besar pebalap di grid karena membuat mereka kesulitan saat berada di atas motor.

Meski begitu Ducati tak pernah berhenti melakukan pengembangan sehingga saat ini mereka mampu mengusai barisan depan hampir di tiap balapan.

“Anda harus melepas topi dan mengucapkan selamat kepada orang-orang yang ada di Bologna,” kata Beirer dikutip dari Speedweek.

“Ducati saat ini memiliki basis yang sangat baik. Juga, pada saat yang sama ketika motor menjadi begitu kuat, mereka juga memiliki delapan pebalap dalam empat tim di MotoGP untuk melengkapi mereka,” ia menjelaskan.

“Jadi, tentu saja ada ketidakseimbangan tertentu ketika delapan pebalap memiliki motor yang begitu kompetitif. Tapi kami harus hidup dengan itu. Manajer mereka melakukan pekerjaan dengan baik. Kami harus hidup dengan itu,” lanjutnya.

Namun sayang mereka belum bisa mengantarkan pebalapnya menjadi juara dunia lagi sejak terakhir dilakukan oleh Casey Stoner pada 2007 silam. Namun, sejumlah rider pabrikan asal Italia itu kerap mencetak podium.

Tahun ini, para pebalap mereka juga mampu konsisten memperjuangkan kemenangan serta podium.

“Kami sekarang harus menyatukan kepala dan bekerja keras untuk melawan superioritas Ducati,” ujar Beirer.

“Saya sangat setuju dengan Gigi Dall’Igna. Dia dengan tepat menyebutkan bagaimana keadaan dengan masalah ban depan,” tambahnya.

“Memang benar bahwa ada kebulatan suara di aliansi pabrikan MSMA untuk tidak menjatuhkan hukuman karena tekanan udara berada di bawah yang direkomendasikan.”

“Karena sensor sangat jauh dari akurasi sehingga nilai pastinya tidak dapat ditentukan dengan andal.”

“Tahun ini pabrikan memiliki platform terbuka tempat kami mengirimkan semua data kami. Tapi bukan untuk mempermalukan tim mana pun di media atau di depan umum, tetapi untuk belajar bersama,” ia mengungkapkan.

“Kami ingin mengatur pengukuran untuk tahun depan sedemikian rupa sehingga penalti dapat dikenakan jika tekanan ban turun di bawah level yang ditentukan. Diskusi baru-baru ini setelah balapan Jerez tidak adil untuk mereka,” tutupnya.

Artikel Tag: ktm, Ducati, MotoGP 2022

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/motogp/hadirkan-berbagai-teknologi-baru-di-motogp-ducati-dapat-pujian-dari-ktm
856  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini