Gunakan Setting Motor yang Beda Dari Rossi, Vinales Semakin Pede

Penulis: Abdi Ardiansyah
Jumat 11 Jan 2019, 11:45 WIB
Gunakan Setting Motor yang Beda Dari Rossi, Vinales Semakin Pede

Valentino Rossi dan Maverick Vinales

Berita MotoGP: Baru bisa tampil impresif di penghujung MotoGP 2018, ternyata Maverick Vinales gunakan setting motor yang berbeda dengan rekan setimnya, Valentino Rossi sejak gelaran MotoGP Thailand.

Musim ini merupakan kali keduanya Yamaha dibayangi masalah motor yang serius. Terlebih Maverick Vinales yang mengaku sempat frustasi akibat masalah tersebut.

The Top Gun hanya menorehkan tiga podium, runner-up di Austin, seta dua podium ketiga di Belanda dan Jerman. Bahkan pada paruh kedua performanya makin menurun dan finis di luar sepuluh besar di Austria dan finis kesepuluh di Aragon.

Memasuki gelaran perdana MotoGP Thailand, Vinales mencoba mengubah setting motornya. Hal itu berujung manis lantaran performanya makin meningkat, finis ketiga di Thailand dan mampu menyumbang kemenangan pertama bagi Yamaha di Australia.

Vinales mengaku keputusannya menggunakan pengaturan motor yang sama dengan Rossi justru membuatnya bisa tampil maksimal. Ia bahkan merasa dirinya seperti kembali membalap di Suzuki.

"Pada awalnya saya bisa melesat dengan kecepatan yang lebih kencang, tapi kemudian segalanya berubah.” ujar Vinales dilanir dari Tuttomotoriweb.

“Pada akhir tahun, kami mengubah sesuatu pada pengaturan sepeda sehingga saya bisa balapan lebih baik. Sekarang saya baik-baik saja karena saya merasa percaya diri.”

"Sejak awal 2018, saya mencoba menyesuaikan gaya balapan saya, tetapi motornya belum siap. Setelah kesulitan di Aragon, kami memutuskan untuk berubah, kami menambah beban. Sekarang saya bisa lebih bbaik tepatnya di tikungan dan ini membantu saya secara psikologis karena saya bisa balapan seperti sebelumnya," imbuhnya.

"Sekarang saya bisa balapan seperti di Suzuki. Rem telat dan menghentikan motor sepenuhnya lalu melakukan akselerasi. Dengan pengaturan ini, sekarang saya bisa. Tentunya perbedaan berat dan tinggi badan dengan Valentino juga dilihat dalam perubahan ini."

"Rem belakangan, tapi masuk tikungan dengan lebih cepat, ini adalah gaya saya. Saya mencoba membuat Yamaha bekerja dengan gaya saya. Namun pada saat menikung, Vale dan saya lebih mirip. Namun dalam hal setting-an, kami sekarang menggunakan konfigurasi yang berbeda sejak di Buriram dan seterusnya," pungkasnya.

Artikel Tag: MotoGP 2019, Valentino Rossi, Maverick Vinales, yamaha

1707