Gara-gara Pandemi Covid-19, Dorna Sports Merugi Hingga Ratusan Milyar

Penulis: Abdi Ardiansyah
Rabu 03 Agu 2022, 06:30 WIB
Dorna Sports, MotoGP Styria

MotoGP Styria 2021

Ligaolahraga.com -

Berita MotoGP: Pihak penyelanggara MotoGP, Dorna Sports, dikabarkan mengalami kerugian senilai Rp 682,8 miliar pada musim lalu karena terdampak pandemi Covid-19.

Seperti yang sudah diketahui, pandemi virus Covid-19 menimbulkan bencana dalam berbagai sektor, salah satunya di dunia motorsport. Dorna Sports selaku penyelenggara MotoGP pun mendapatkan imbasnya saat menyelenggarakan kejuaraan musim 2021.

Dalam kasus ini, memang sangat sulit untuk tetap melangsungkan balapan saat pandemi. Mereka pun berjuang keras agar kejuaraan bisa terlaksana.

Ini adalah sesuatu yang patut diapresiasi oleh semua pihak. Pasalnya, meskipun virus Covid-19 masih merajalela, kompetisi tidak berhenti. Kehadiran MotoGP pun diakui publik berhasil menghibur banyak orang yang menghabiskan waktu di rumah.

Namun menurut laporan sebuah media asal Spanyol, Motosan, Dorna Sports kabarnya merugi hingga 44,8 juta euro (sekira Rp682,8 miliar). Jumlah ini tentunya sangat fantastis.

"Secara total, jumlah kerugian mencapai 44,8 juta euro (Rp682,8 miliar), jelas merupakan jumlah uang yang sangat besar, yang sebagian besar pasti ditujukan untuk penyelenggaraan hadiah utama," bunyi pernyataan Motosan.

"Selain itu, memang benar kalender bertambah sejak tahun 2020 perlu mengulang sirkuit karena keterbatasan saat bepergian dengan pandemi.”

Sebelumnya pada MotoGP 2019, Dorna Sports juga merugi sejumlah 8,3 juta euro. Akan tetapi, kerugian di musim 2021 sangat jauh dari perkiraan, sehingga mereka harus melakukan pengelolaan anggaran yang lebih baik pada tahun-tahun mendatang.

“Sebagai konsekuensi dari situasi yang disebabkan oleh Covid-19 sejak kemunculannya pada Maret 2020 dan berbagai tindakan yang diambil, grup tempat perusahaan itu berada terpaksa mengubah jumlah hadiah utama untuk tahun ini dengan kalender sesuai dengan keterbatasan dan akhirnya merayakan delapan belas dari sembilan belas yang awalnya direncanakan," tutup pernyataan dari Motosan.

Artikel Tag: Dorna Sports, MotoGP 2022

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/motogp/gara-gara-pandemi-covid-19-dorna-sports-merugi-hingga-ratusan-milyar
501  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini