Gantikan Rossi dengan Quartararo, Stoner Nilai Yamaha Buat Keputusan Tepat

Penulis: Abdi Ardiansyah
Selasa 08 Sep 2020, 21:30 WIB
Fabio Quartararo, Valentino Rossi

Fabio Quartararo dan Valentino Rossi

Berita MotoGP: Mantan pebalap MotoGP, Casey Stoner, menilai bahwa langkah Yamaha menaikkan Fabio Quartararo ke tim pabrikan menggantikan Valentino Rossi adalah keputusan yang sangat tepat.

Yamaha membuat langkah sangat ekstrim dengan mendepak pebalap ikonik andalan mereka, Valentino Rossi. Posisinya pun bakal diserahkan kepada pebalap muda yang baru punya satu tahun pengalaman di MotoGP, yakni Fabio Quartararo.

Dengan demikian, El Diablo bakal menjadi duet Maverick Vinales di Yamaha pada MotoGP 2021 mendatang.

Rossi yang kehilangan tempat di tim pabrikan akhirnya harus puas hanya memperkuat tim satelit Yamaha, yakni Petronas SRT. The Doctor pun akan bertandem dengan murid sekaligus rider jebolan akademinya, yakni Franco Morbidelli.

Kendati demikian, langkah ini tak kunjung terealisasi dengan sempurna lantaran pihak Rossi dan Petronas Yamaha SRT belum membuat pengumuman secara resmi. Namun kemungkinan besar kabar ini bakal dirilis pada balapan MotoGP San Marino akhir pekan ini.

Langkah Yamaha merekrut Rookie of the Year MotoGP 2019 ke tim pabrikan pada musim depan pun mendapat respon positif dari Stoner. Ia menyadari bahwa rider asal Prancis ini memiliki sejumlah keunggulan ketimbang The Doctor.

Kendat Rossi sudah berhasil membuktikan ketangguhannya di pentas MotoGP dalam waktu yang sangat panjang, performa sang juara dunia sembilan kali itu sudah mulai mengalami penurunan. Faktor usia juga tak bisa bohong, rider 41 tahun itu juga sama sekali belum mengemas kemenangan sejak MotoGP Belanda 2017 silam.

"Tim pabrikan membuat keputusan yang tepat dengan menempatkan Quartararo di sana (tahun depan),” ujar Casey Stoner, sebagaimana dikutip dari Crash.

“Kita hanya harus melihat bagaimana Valentino (Rossi) di tim Petronas. Mereka telah melakukan pekerjaan dengan baik,” tukas mantan rider MotoGP asal Australia itu.

Kondisi Rossi memang berbanding terbalik dengan Quartararo yang tren performanya kian menanjak, apalagi rider berjuluk El Diablo ini juga masih berusia 21 tahun, tentunya ia masih akan memiliki jalan yang sangat panjang di ajang balap kasta tertinggi ini.

Artikel Tag: Valentino Rossi, Fabio Quartararo, Casey Stoner

21707  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini