Franco Morbidelli Komentari Anjloknya Kinerja Quartararo

Penulis: Abdi Ardiansyah
Selasa 04 Okt 2022, 00:30 WIB
Franco Morbidelli

Franco Morbidelli

Ligaolahraga.com -

Berita MotoGP: Franco Morbidelli menyebut kegagalan Fabio Quartararo menembus zona poin di MotoGP Thailand membuktikan bahwa kelemahan motor Yamaha YZR-M1 kian terekspos.

Fabio Quartararo menjadi satu-satunya rider non Ducati dalam dua baris pertama starting grid balapan MotoGP Thailand. Hujan yang mengguyur lintasan membuatnya kerepotan dan gagal menujukkan pace bagus di atas Yamaha YZR-M1.

Setelah terlempar ke P19, ia hanya bisa melewati dua pebalap yang melaju di depannya. Finis di P17 tentu saja tidak membuahkan poin dan Francesco Bagnaia kian dekat dengan posisinya di klasemen.

Untuk pertama kalinya, rider asal Prancis itu berada di luar 15 besar. Sang tandeman, Franco Morbidelli, memandang penurunan drastis kinerja Quartararo adalah bukti bahwa kelemahan YZR-M1 kian terekspos.

“Untuk Quartararo, situasinya sulit karena semua tahu bahwa dia dipaksa bertarung dengan sekelompok besar pebalap Ducati yang ingin membantu Francesco Bagnaia. Faktor itu menambah poin-poin kelemahan motor kami,” katanya dikutip dari Motorsport.com.

Ketika Quartararo pulang dengan tangan kosong dari Sirkuit Chang, Morbidelli menggantikannya sebagai pendulang poin. Ia seharusnya finis di urutan ke-12, tapi hukuman atas pelanggaran track limit membuatnya terpaksa turun satu tangga.

Jebolan VR46 Academy tersebut menjelaskan kalau hujan membuat lintasan dingin dan berpengaruh kepada penurunan performa ban. Franco Morbidelli mengaku baru menemukan ritme yang sesuai di tengah balapan.

“Dalam kondisi basah, sulit untuk menyebar ketika pada putaran awal Anda berada di tengah grup. Untungnya, situasi lebih baik dengan kian banyak membukukan lap. Saya berhasil menerapkan ritme bagus,” ungkapnya.

“Sayangnya, selama balapan, tekanan ban depan melonjak dan performa menurun drastis. Ini merepotkan saya ketika berusaha menyerang.”

“Sungguh disayangkan, padahal kami tidak terlalu jauh dengan para pebalap yang bertarung untuk peringkat keenam dan ketujuh. Dalam beberapa tahun ini, level MotoGP meningkat pesat,” ia mengimbuhkan.

“Kami berdekatan dari sisi jarak dan waktu lap lebih baik, juga dalam kondisi basah. Ini artinya memberi tekanan berlebihan pada ban saat pengereman. Saya yakin Michelin berupaya menyelesaikan masalah ini,” tutup Morbidelli.

Artikel Tag: Franco Morbidelli, Fabio Quartararo, yamaha, MotoGP 2022, MotoGP Thailand

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/motogp/franco-morbidelli-komentari-anjloknya-kinerja-quartararo
1178  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini