Francesco Bagnaia Bisa Menang di Misano Jika Dengarkan Nasihat Rossi

Penulis: Abdi Ardiansyah
Kamis 01 Sep 2022, 13:30 WIB
Francesco Bagnaia

Francesco Bagnaia

Ligaolahraga.com -

Berita MotoGP: Francesco Bagnaia kembali difavoritkan sebagai pemenang di MotoGP San Marino akhir pekan ini, namun hal itu baru akan terwujud jika ia memilih ban yang tepat.

Francesco Bagnaia dijagokan sebagai pemenang seri MotoGP San Marino yang akan berlangsung akhir pekan nanti. Alasannya sederhana, ia adalah pebalap yang sedang dalam bentuk terbaik dan tampil kuat pada dua balapan di Sirkuit Misano tahun lalu.

Selaian itu Bagnaia sukses mencetak hat trick di tiga seri sebelumnya. Pemuda asal Italia tersebut merengkuh podium tertinggi di Belanda, Inggris, dan Austria.

Pada MotoGP 2021, ia berhasil memenangi seri MotoGP San Marino dan hampir menang di MotoGP Emilia Romagna yang dilangsungkan di trek yang sama. Kata hampir menang menjadi catatan karena kegagalan pemuda berusia 25 tahun tersebut menuntaskan perlombaan. Bagnaia yang saat itu tengah berada di urutan terdepan terjatuh di lima lap tersisa akibat pemilihan ban yang kurang tepat.

Ia memilih ban depan berkompon keras seperti saat mengamankan podium tertinggi di MotoGP San Marino 2021. Padahal pebalap lain menggunakan ban lunak karena temperatur udara lebih rendah jika dibandingkan dengan balapan pertama di Misano.

Anggapan bahwa Fracesco Bagnaia keliru memilih ban makin kuat usai sang tandeman, Jack Miller, juga gagal finis karena ban yang sama persis. Nol poin di MotoGP Emilia Romagna 2021 pun menjadi pukulan besar bagi Bagnaia.

Sebab kegagalannya membantu rival utamanya dalam perebutan titel, Fabio Quartararo (Monster Energy Yamaha), membawa pulang mahkota juara meski hanya finis keempat.

Keputusan Bagnaia menggunakan ban depan keras kemudian disesali oleh mentornya di Akademi Balap VR46, Valentino Rossi.

"Saya mencoba melakukan hal yang sama seperti di Aragon (memilihkan ban bagi Bagnaia, red)," kata Rossi yang ketika itu masih aktif membalap, dilansir dari GPOne.

"Saya mencoba untuk menghipnotis Pecco dengan berkata 'pilih medium ... medium ... medium ...', tetapi kali ini tidak berhasil," imbuhnya.

Berbicara dengan Rossi sebelum balapan telah menjadi kebiasaan Bagnaia. Setelah juara dunia MotoGP tujuh kali tersebut pensiun, ia masih tetap melakukannya. Hal itu diakui oleh Manajer Ducati, Davide Tardozzi.

"Saya pikir Valentino, bagi semua pebalap di akademi, adalah guru. Dia mengatakan beberapa hal," ungkap Tardozzi.

"Ada relasi yang sangat bagus antara Valentino dan Pecco. Terkadang dia memberi nasihat yang membuat perbedaan besar," tutupnya.

Artikel Tag: Francesco Bagnaia, Ducati, MotoGP 2022, MotoGP San Marino

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/motogp/francesco-bagnaia-bisa-menang-di-misano-jika-dengarkan-nasihat-rossi
766  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini