Fabio Quartararo Yakin Yamaha Bisa Perbaiki Kekurangannya Musim Depan

Penulis: Abdi Ardiansyah
Minggu 29 Nov 2020, 12:40 WIB
Fabio Quartararo

Fabio Quartararo

Berita MotoGP: Rider Petronas Yamaha SRT, Fabio Quartararo mengaku optimistis Yamaha bisa memperbaiki kekurangan dan kesalahannya di sepanjang musim 2020.

Yamaha sejatinya punya kandidat juara terbanyak diantara tim-tim lain, terutama setelah Marc Marquez absen panjang. Ada Fabio Quartararo dan juga Maverick Vinales yang sempat merajai klasemen di awal-awal musim.

Namun keduanya justru tampil kurang konsisten dan hanya bisa mengakhiri musim MotoGP 2020 dengan menempati posisi yang kurang memuaskan, Vinales di urutan keenam sementara Quartararo terperosok dari pimpinan klasemen ke posisi delapan.

Yamaha malah menempatkan satu pebalapnya, Franco Morbidelli, di urutan kedua. Padahal Morbidelli bukanlah rider unggulan lantaran hanya memakai mesin spesifikasi lawas.

Sementara Valentino Rossi justru menjadi rider terburuk Yamaha dengan hanya menempati klasemen akhir di peringkat ke-15.

Masalah mesin yang kurang andal kerap kali menghentikan para pebalap Yamaha saat balapan. Rossi dkk bukan hanya sekali mengalami kegagalan mesin, bahkan Vinales pernah mengalami disfungsi sistem pengereman hingga ia terpaksa harus melompat dari motornya.

Penampilan buruk tim Yamaha pada sejumlah balapan terakhir musim 2020 turut menjadi sorotan. Namun, Fabio Quartararo masih percaya timnya bisa memperbaiki kesalahan mereka pada musim depan.

"Jika melihat data milik Franco Morbidelli, Yamaha sangat kekurangan pada rear grip dan turning. Mereka harus menganalisis dan memperbaikinya," ujar Quartararo.

"Yamaha akan sangat termotivasi karena mereka melihat beberapa balapan terakhir sangat buruk untuk semua pebalap. Bahkan Vinales dan Rossi hanya finis pada posisi ke-11 dan 12 pada MotoGP Portugal," imbuhnya.

"Kami tak usah memberitahu mereka bahwa motor tahun ini buruk. Tim Yamaha bisa melihat sendiri dan mereka bekerja keras memperbaikinya. Semoga tes tahun 2021 bisa dimulai dengan baik. Apalagi Cal Crutchlow juga akan datang sebagai pebalap penguji, semoga mereka termotivasi.”

Rider berjuluk El Diablo ini kian optimistis lantaran musim depan akan memperkuat tim pabrikan Yamaha bertukar posisi dengan Valentino Rossi yang diturunkan ke tim satelit, Petronas Yamaha SRT.

"Semua yang terlibat harus percaya pada Yamaha dan menyumbangkan idenya. Para pebalap harus percaya diri dengan proyek yang ada," ucap Quartararo.

"Menjadi pebalap tim pabrikan akan memberikan keuntungan. Tidak sabar rasanya mengadakan pertemuan tim untuk memberikan ide," pungkas rider asal Prancis ini.

Artikel Tag: Fabio Quartararo, MotoGP 2021, yamaha

494  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini