Fabio Quartararo Nilai Pemilihan Kompon Ban Jadi Hal Krusial Saat Balapan

Penulis: Abdi Ardiansyah
Minggu 06 Jun 2021, 10:30 WIB
Fabio Quartararo

Fabio Quartararo

Berita MotoGP: Fabio Quartararo mengungkapkan bahwa pemilihan kompon ban yang sesuai adalah hal yang krusial saat balapan karena sangat berdampak pada performa balap.

Pada sesi kualifikasi MotoGP Catalunya di Sirkuit Catalunya, Barcelona hari Sabtu (05/06/2021) malam WIB, Fabio Quartararo sukses meraih pole position. Torehan tersebut membuat Quartararo secara keseluruhan sudah meraih lima pole position di musim ini.

Meskipun begitu, pebalap asal Prancis itu enggan jemawa untuk balapan MotoGP Catalunya yang berlangsung pukul 18.00 WIB hari ini. Karena menurutnya pemilihan kompon ban tepat sangat krusial untuk balapan nanti.

Jika salah memilih kompon ban, nasibnya sebagai pemimpinan klasemen sementara pebalap bisa berubah drastis pada balapan.

"Di FP4 (latihan bebas keempat hari Sabtu) kami mencoba ban medium dan ban keras, keduanya bekerja dengan baik. Kami belum tahu mana yang akan kami pilih (untuk balapan)," kata Quartararo seperti yang dikutip dari bola.com.

"Feeling (perasaan terhadap ban medium dan keras) saya sangat mirip dengan keduanya dan waktu putarannya sangat bagus. Saya pikir kami akan menjalani balapan yang hebat, satu-satunya tanda tanya adalah ban," lanjutnya.

Menurut Fabio Quartararo, jika berkaca balapan MotoGP Catalunya musim lalu, mayoritas pebalap menggunakan ban depan dan belakang dengan kompon lunak. Ia yakin situasi tahun ini bakal berbeda.

"Ban tahun ini berbeda, konsistensinya jauh lebih baik. Dengan ban medium, saya masih bisa mengemudi dengan catatan 1 menit 40 detik bahkan setelah 24 lap," ia menuturkan.

"Jika sesi pemanasan pada Minggu pagi berjalan pada trek kering, saya akan melihat bagaimana keadaannya dengan ban keras," tambahnya.

Menuju balapan MotoGP Catalunya, Quartararo saat ini unggul 24 poin dari pebalap yan berada di peringkat kedua klasemen, Johann Zarco.

Artikel Tag: Fabio Quartararo, Monster Energy Yamaha, MotoGP 2021, motogp catalunya

463  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini