Fabio Quartararo Beberkan Penyebab Crash Dua Kali di Misano

Penulis: Abdi Ardiansyah
Senin 14 Sep 2020, 21:50 WIB
Fabio Quartararo

Fabio Quartararo mengalami kecelakaan di MotoGP San Marino 2020.

Berita MotoGP: Pebalap Tim Petronas Yamaha SRT, Fabio Quartararo, membeberkan penyebab dirinya mengalami kecelakaan dua kali berturut-turut pada balapan MotoGP San Marino.

Quartararo sejatinya berpeluang meraih hasil apik pada balapan yang berlangsung di Sirkuit Misano pada Minggu (13/9) tersebut. Mengawali balapan dari posisi ketiga, Quartararo sempat terlempar ke posisi kelima pada awal-awal balapan.

Meskipun berhasil menjaga ritmenya, namun rider berjuluk El Diablo ini justru harus mengalami nasib nahas. Ia pun terjatuh meski sempat bangkit dan melakoni balapan lagi. Kendati demikian, pada lap ke-18 ia kembali terjatuh lagi dan kali ini harus mengakhiri balapan lebih awal.

Berkali-kali terjatuh dengan kondisi yang nyaris sama tentu menjadi pertanyaan tersendiri. Quartararo pun coba memberikan jawaban soal apa yang sebenarnya dialaminya ketika menjalani balapan di MotoGP San Marino. Ia tak memungkiri bahwa adanya masalah mesin pada motor YZR-M1 menjadi kendala utamanya.

Quartararo sendiri mengakui hingga kini belum dapat menemukan apa yang membuat motornya tersebut mengalami kendala kala mengaspal di MotoGP San Marino 2020. Rider berjuluk El Diablo mengatakan bahwa hingga kini para teknisi Tim Yamaha masih mencari tahu apa yang menjadi sumber masalah pada motornya tersebut.

“Saya ingin tahu rasanya jatuh di sisi kanan dan kiri! Saya merasakan hal aneh pada mesin dan kami memeriksanya, apa yang terjadi antara kontrol traksi dan anti-wheelie,” ujar Fabio Quartararo sebagaimana dilansir dari Speedweek.

“Saya mengubah gigi dan tenaga mesin agak berkurang. Mesinnya tak bermasalah, semua oke. Tapi saya merasakan hal aneh, jadi saya masuk pit. Tahun lalu, kami harus memanaskan ban keras dengan baik. Kami pun bilang: ‘Lakukan satu lap lagi dan kita lihat apakah mesinnya baik-baik saja’,” ungkapnya.

“Akan tetapi pada saat masuk Tikungan 6, saya melaju perlahan, namun ban depan saya selip secara agresif. Sungguh aneh. Jadi saya tak bisa benar-benar menjelaskan kecelakaan kedua,” tukas rider berusia 21 tahun ini.

Raihan buruk ini membuat Quartararo harus rela kehilangan posisi pimpinan klasemen sementara MotoGP 2020 lantaran gagal menambah poin satu pun. Posisinya diambil alih oleh pebalap Ducati, Andrea Dovizioso yang meraih 76 poin atau unggul 6 poin dari Quartararo.

Artikel Tag: Fabio Quartararo, motogp 2020, Petronas Yamaha SRT

4161  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini