Duel Rossi dan Hamilton Bakal Digelar Pekan Depan di Valencia

Penulis: Abdi Ardiansyah
Kamis 05 Des 2019, 20:50 WIB
Duel Rossi dan Hamilton Bakal Digelar Pekan Depan di Valencia

Valentino Rossi dan Lewis Hamilton bakal bertukar kendaraan

Berita MotoGP: Dua bintang ajang balap MotoGP dan Formula 1, yakni Valentino Rossi dan Lewis Hamilton, bakal berduel dengan bertukar kendaraan di Sirkuit Ricardo Tormo, Valencia, pada Senin pekan depan (9/12).

Aksi tukar kendaraan antara Valentino Rossi dan Lewis Hamilton sejatinya telah direncanakan sejak beberapa tahun lalu, namun hal ini baru bisa direalisasikan sekarang lantaran keduanya tak henti-hentinya mendorong sponsor mereka, Monster Energy, untuk menggelar event ini.

Kendati belum ada pengumuman resmi baik dari Yamaha, Mercedes, maupun Monster Energy, Hamilton merupakan pihak yang paling antusias menggambarkan perasaannya dalam menyambut gelaran ini.

"Saya akan pergi ke trek bersama Valentino pekan depan, dan hal ini membuat saya agak gugup. Motornya bakal sangat cepat. Pasti bakal sangat menyenangkan," ujar Hamilton seperti dikutip dari laman Crash.net.

Belum diketahui seri motor MotoGP dan F1 jenis apa yang akan disediakan untuk Rossi dan Hamilton dalam gelaran ini. Meski begitu, tugas Hamilton untuk beradaptasi jauh lebih banyak. Sedangkan Rossi sudah pernah berkali-kali uji coba dengan F1 pada 2004-2008.

Hamilton satu tahun lalu sempat berlatih menunggangi motor superbike Yamaha YZF-R1 di Jerez, Spanyol, bersama Michael van der Mark dan Alex Lowes. Ia rencananya bakal kembali mengendarai motor tersebut sebagai pemanasan pada Sabtu (7/12) mendatang. Apalagi, ia tak terlalu familiar dengan Sirkuit Ricardo Tormo.

Setelahnya, barulah ia akan diberi kesempatan menjajal motor MotoGP Yamaha milik Rossi, Senin (9/12). Pun demikian, akibat regulasi ban yang sangat ketat di MotoGP, Hamilton tampaknya akan sekadar memakai ban Michelin spek superbike, hingga performa dan catatan waktunya nanti bakal sulit dibandingkan dengan Rossi.

Sementara bagi Rossi, gelaran kali ini akan jadi momen pertama baginya mengendarai mobil F1 setelah sembilan tahun lamanya. Meski sempat berkali-kali menjalani uji coba serius dengan Scuderia Ferrari pada 2004-2006, Rossi belum lagi menjajal mobil F1 sejak 2010 silam, saat ia mengendarai Ferrari spesifikasi 2008 di Catalunya, Spanyol.

Mengingat Mercedes telah memakai semua izin promosinya tahun ini, maka Rossi takkan bisa mengendarai mobil Mercedes W10 spek 2019 dalam gelaran kali ini. Mlihat kondisi tersebut, maka mobil yang tersedia adalah W08 dari tahun 2017, yang telah meraih 12 kemenangan dan mengantar Hamilton meraih gelar juara dunia F1 keempatnya.

Dilansir dari Marca, berikut ini jadwal pertarungan Rossi vs Hamilton:

7 Desember : Hamilton berlatih di atas motor superbike. Kemungkinan ia bakal didampingin oleh Quartararo dan Franco Morbidelli atau Michael van der Mark dan Toprak Razgatlioglu.

9 Desember : Rossi dan Hamilton akan bertukar kendaraan balap, dan berduel di lintasan Sirkuit Ricardo Tormo, Valencia.

10 Desember: Hamilton menyewa Sirkuit Ricardo Tormo untuk berkendara dengan Sam Lowes dan Alex Lowes di atas motor superbike.

Artikel Tag: Valentino Rossi, Lewis Hamilton, MotoGP 2019, f1 2019

3043  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini