Ducati Berencana Luncurkan Terobosan Baru Setiap Enam Bulan

Penulis: Abdi Ardiansyah
Sabtu 01 Jan 2022, 09:40 WIB
Ducati, Francesco Bagnaia

Francesco Bagnaia

Ligaolahraga.com -

Berita MotoGP: Bos Ducati, Luigi Dall’lgna, mengungkapkan bahwa timnya memiliki rencana untuk meluncurkan terobosan baru pada motor MotoGP mereka setiap enam bulan.

Seperti diketahui, Ducati mampu menutup MotoGP 2021 dengan senyum lebar. Mereka berhasil mendominasi kejuaraan kelas utama, baik tim pabrikan maupun tim satelitnya.

Namun titel juara pebalap gagal dijangkau oleh Francesco Bagnaia sehingga pencapaian pabrikan asal Borgo Panigale itu terasa kurang lengkap. Meski begitu hal tersebut tak terlalu dipikirkan oleh sang general manager tim, Gigi Dall’Igna. Sebab, yang terpenting bagi pria Italia itu adalah para pebalap serta mekaniknya mampu menjalankan tugas sesuai skenario.

Perkembangan pesat pada motor Desmosedici GP dan perubahan komposisi pebalap pada awal musim menjadi kunci sukses mereka.

“Saya sangat senang dengan pekerjaan yang dilakukan para teknisi selama musim dingin karena kami meningkat dari sudut pandang mesin, meski mesin dibekukan. Tapi, kami bisa menemukan beberapa area pengembangan yang tak melanggar aturan,” katanya dilansir dari Motorsport.com.

“Meski dari sudut pandang sasis, kami bekerja dengan baik. Hasil crash membuktikan bahwa motor tidak belok sesuai yang kami inginkan,” ia mengungkapkan.

“Kami harus mengembangkan lagi dan lagi, bukan hanya sudut pandang sasis tapi juga mesin kalau mungkin,” tambah Dall’lgna.

Setelah mereka tak memperpanjang kontrak Andrea Dovizioso, Ducati bergantung sepenuhnya pada para pebalap muda mulai musim ini.

“Setelah bertahun-tahun kami punya pebalap sama di Ducati, tahun ini kami mengubah pebalap kami. Kami mulai bekerja dengan para pebalap muda,” ujarnya.

“Ini sangat penting karena para pebalap muda biasanya memberi banyak kepada pria tua seperti saya (tertawa, red.). Spirit berbeda, jadi mereka mendorong saya jauh lebih baik,” ia mengimbuhkan.

Perangkat Ride Height Device merupakan keunggulan yang dimiliki pabrikan asal Italia itu. Awalnya, para pebalap agak kesulitan untuk menerapkan alat tersebut.

“Pastinya itu keunggulan, kalau tidak, para pebalap kami tidak memakai sistem ini. Ada trek di mana perangkat itu sangat penting, ada yang tidak penting,” Dall’Igna melanjutkan.

“Masalah satu-satunya, aturan lebih keras di area tersebut, jadi kami tidak boleh menggunakan sistem mekanis pada area tersebut, bukan elektronik. Pada awalnya, tidak mudah menemukan cara untuk melakukan itu,” jelasnya.

Kondisi saat start balapan juga sangat penting dalam menjalankan strategi dan menentukan jalannya perlombaan.

“Start kadang menjadi kunci balapan. Ia memulai dari bagian depan lebih mudah membuat strategi bagus untuk race. Kami bekerja keras menemukan cara agar pebalap bisa start bagus,” ia menuturkan.

“Kami memulai dengan ide sederhana selama dua tahun lalu dan setiap 6 bulan, kami akan mengenalkan sesuatu yang baru demi meningkatkan sistem kami,” ucapnya.

“Kami mampu mengejar kecepatan di Qatar. Saya sangat yakin bahwa kecepatan merupakan satu perangkat sangat penting untuk strategi balapan karena lebih sulit menyalip di trek lurus daripada tikungan,” tutup Dall’lgna.

Artikel Tag: Ducati, MotoGP 2022

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/motogp/ducati-berencana-luncurkan-terobosan-baru-setiap-enam-bulan
425  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini