Ducati Beberkan Alasan Izinkan Dovizioso Ikut Kompetisi Motocross

Penulis: Abdi Ardiansyah
Selasa 30 Jun 2020, 20:00 WIB
Ducati Beberkan Alasan Izinkan Dovizioso Ikut Kompetisi Motocross

Andrea Dovizioso berlatih Motocross

Berita MotoGP: Direktur olahraga Ducati Corse, Paolo Ciabatti, menjelaskan mengapa pihaknya mengizinkan Andrea Dovizioso ikut serta dalam kejuaraan balap regional Motocross.

Dovizioso baru saja mengalami patah tulang selangka kirinya usai terjatuh dan mengalami highside pada balapan motocross. Nahasnya lagi, tak lama lagi kompetisi MotoGP bakal segera dimulai.

Alhasil ia pun langsung menjalani operasi pada hari yang sama. Dovizioso saat ini hanya punya waktu lebih dari dua minggu untuk pulih sebelum mengendarai turun dalam tes resmi di Sirkuit Jerez.

Pun demikian, keikutsertaan Dovizioso ini sejatinya telah mendapatkan izin dari Ducati meskipun pihkan skuat asal Borgo Panigale ini tak memungkiri bahwa motocross punya risiko yang sangat tinggi.

"Kami tahu bahwa motocross adalah kegiatan yang menimbulkan beberapa risiko," kata Ciabatti dilansir dari laman Crash.

Kami masih mengizinkan Andrea untuk berpartisipasi dalam lomba regional ini karena dia telah menjelaskan kepada kami bahwa ia harus menemukan kembali stimulus dan sensasi yang hanya bisa didapat dari kompetisi nyata," jelasnya.

"Di sisi lain, motorcross juga merupakan disiplin dari MotoGP dan banyak pebalap MotoGP berlatih secara teratur. Jadi, pada akhirnya, kita harus lega bahwa cedera itu tidak memiliki konsekuensi serius dan Andrea akan dapat berpartisipasi pada awal balapan MotoGP 2020 di Jerez," tandas Ciabatti.

MotoGP memang diketahui menuntut kondisi fisik yang sangat prima. Namun terbatasnya latihan yang diperbolehkan dengan motor MotoGP membuat para pebalap memilih berlatih motocross. Ini juga menjadi metode yang populer bagi pengendara grand prix agar tetap bugar dan mempertajam keterampilan mengendalikan motor mereka.

Manajer Dovizioso, Simone Battistella mengungkapkan bahwa kliennya sudah berada di rumah dan bakal segera menjalani fisioterapi dan latihan. MotoGP 2020 bakal dibuka dengan seri balap GP Spanyol di Sirkuit Jerez pada 17-19 Juli mendatang.

Artikel Tag: Andrea Dovizioso, Ducati, motogp 2020

1321  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini