Ducati Bantah Beri Perlakukan Khusus untuk Rider Asal Italia

Penulis: Abdi Ardiansyah
Jumat 27 Mei 2022, 16:30 WIB
Ducati, Francesco Bagnaia

Francesco Bagnaia

Ligaolahraga.com -

Berita MotoGP: Bos Ducati, Paolo Ciabatti, mengaku memilih semua pebalapnya berdasarkan performa dan potensi masing-masing tanpa memandang dari mana mereka berasal.

Seperti diketahui, ada lima orang berkebangsaan Italia dari total delapan rider Ducati. Francesco Bagnaia di tim pabrikan, Enea Bastianini dan Fabio Giannantonio di tim satelit Gresini Racing.

Lalu Luca Marini dan Marco Bezzecchi memperkuat tim satelit Mooney VR46 Racing Team. Sedangkan tiga rider lainnya masing-masing adalah Jack Miller dari Australia, Johann Zarco dari Prancis dan Jorge Martin dari Spanyol.

Meski didominasi oleh pebalap berkebangsaan Italia, Ducati menegaskan bahwa tidak ada keistimewaan tertentu.

Pabrikan asal Borgo Panigale itu mengaku memilih pebalap berdasarkan performa dan potensi mereka tanpa memandang kebangsaannya.

Khusus untuk Mooney VR46 Racing Team. Ducati tidak ikut campur sedikitpun dalam urusan pemilihan pebalap karena dibentuk untuk mewadahi para talenta muda dari Italia.

"Pertama-tama, Anda harus memperhitungkan kami tidak memiliki hak suara dalam pemilihan pebalap tim Mooney VR46 misalnya," ucap bos Ducait, Paolo Ciabatti, dilansir dari Speedweek.

"Ini adalah tim satelit. Strategi mereka adalah membawa pebalap mereka dari VR46 Riders Academy ke MotoGP,” imbuhnya.

"Itu sangat dimengerti dan masuk akal,” ia menegaskan.

Sedangkan untuk Gresini Racing, Ciabatti menjelaskan bahwa sebelum kematian sang pemilik tim, Fausto Gresini, mereka sudah memiliki perjanjian dengan Di Giannantonio untuk naik ke MotoGP pada 2022.

Sedangkan untuk Enea Bastianini dinilai pantas membela Gresini Racing setelah tampil kuat di MotoGP 2021, tahun perdananya berkarier di kelas utama.

"Ducati tidak melihat kebangsaan saat kami merekrut para pebalap kami," ucap Ciabatti.

"Kami berpikir siapa pebalap muda yang paling menjanjikan, jadi kami mengontak Enea dan menempatkannya di Gresini Racing."

Ia juga menambahkan bahwa saat ini memang kejuaraaan MotoGP dan kelas di bawahnya seperti Moto2 dan Moto3 didominasi oleh pebalap asal Italia dan Spanyol. Dan pebalap-pebalap yang kerap bersinar serta sering meraih kemenangan kebanyakan juga dari dua negara tersebut.

Jadi sangat wajar apabila tim-tim di MotoGP menggunakan jasa pebalap asal Italia maupun Spanyol dengan tidak mengesampingkan negara-negara lainnya.

Artikel Tag: Ducati, MotoGP 2022

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/motogp/ducati-bantah-beri-perlakukan-khusus-untuk-rider-asal-italia
609  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini