Dua Problem Motor YZR-M1 Bikin Fabio Quartararo Kewalahan

Penulis: Abdi Ardiansyah
Sabtu 11 Jun 2022, 03:05 WIB
Fabio Quartararo

Fabio Quartararo

Ligaolahraga.com -

Berita MotoGP: Fabio Quartararo harus memilih antara meningkatkan top speed atau memperbaiki performa saat melewati tikungan dengan kuda besi andalannya, Yamaha YZR-M1.

Fabio Quartararo telah memastikan dirinya akan terus bekerjasama dengan Yamaha sampai tahun 2024. Salah satu harapan pemua asal Prancis itu untuk motor YZR-M1 adalah peningkatan top speed yang sudah dikeluhkan sejak awal musim ini.

Untuk memenuhi keinginan sang pebalap, Yamaha lantas membawa beberapa perangkat baru dalam tes resmi di Sirkuit Catalunya pada Senin (6/6). Namun Quartararo belum melakukan uji coba ulang pada paket aerodinamis teranyar yang dibawa tim ke MotoGP Italia.

Juara dunia MotoGP 2021 itu juga mengatakan tidak akan menggunakan paket aerodinamika tersebut karena membuat perilaku tunggangannya jadi berubah. Meski mampu meningkatkan top speed seperti keinginannya, namun di sisi lain ia justru kesulitan saat melewati tikungan.

"Saya tidak akan menggunakan paket aerodimika baru itu lagi, saya akan menggunakan yang terdahulu," ucap Quartararo dilansir dari Motosan.

"Meski dari luar terlihat perubahannya sangat kecil, di atas motor perbedaannya sangat besar dan itu membuat saya merasa aneh,” imbuhnya.

"Tujuan dari fairing baru adalah meningkatkan top speed ketika berada di trek lurus."

"Tapi kami hanya mendapatkan satu kilometer per jam dan sangat kesulitan di tikungan. Itu sebabnya saya kembali ke setelan lama,” jelas pemuda berusia 23 tahun itu.

Untuk tes di Sirkuit Catalunya, Fabio Quartararo tidak banyak menguji perangkat baru karena sebagian besar sudah di uji coba di Sirkuit Jerez.

"Saya tidak memiliki sesuatu yang sangat penting untuk dibuktikan," katanya.

"Saya punya lengan ayun yang sudah saya gunakan di Jerez dan saya membandingkannya dengan dua set ban, itu menghabiskan banyak waktu,” tambah Quartararo.

"Saya menjajal mapping baru untuk mencoba menemukan sedikit tenaga, menggunakan beberapa ban baru Michelin dan penyesuaian. Hanya itu saja,” ia mengakhiri.

Artikel Tag: Fabio Quartararo, yamaha, MotoGP 2022

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/motogp/dua-problem-motor-yzr-m1-bikin-fabio-quartararo-kewalahan
979  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini