Dovizioso Keluhkan Ban Baru Michelin Tak Maksimal di Desmosedici GP

Penulis: Abdi Ardiansyah
Selasa 11 Agu 2020, 21:55 WIB
Dovizioso Keluhkan Ban Baru Michelin Tak Maksimal di Desmosedici GP

Andrea Dovizioso

Berita MotoGP: Andrea Dovizioso mengungkapkan bahwa dirinya dan Ducati masih kesulitan beradaptasi dengan ban belakang baru Michelin. Ia bahkan menyebut ban tersebut tak berfungsi maksimal di Desmosedici GP.

Andrea Dovizioso memiliki awal yang sulit di musim MotoGP 2020. Meskipun mampu finis di posisi ketiga di seri perdana MotoGP Spanyol, namun ia tampil kesulitan di balapan selanjutnya.

Masih di sirkuit yang sama dengan seri perdana, Sirkuit Jerez, Dovizioso hanya mampu meraih posisi keenam dalam MotoGP Andalusia. Performanya makin menurun kala melakoni balapan di Jerez ketika hanya bisa finis di urutan ke-11 di MotoGP Ceko.

Padahal di MotoGP Ceko musim lalu, Dovizioso sanggup menjadi runner-up setelah hanya kalah dari Marc Marquez.

Rider Ducati asal Italia itu pun mengaku sudah berjuang beradaptasi dengan peralihan ke ban konstruksi baru Michelin untuk 2020. Namun, ia mengalami kesulitan saat melakukan pengereman dengan ban baru Michelin.

"Yang pasti, motornya tidak jauh berbeda, GP19 dan 20 sangat mirip. Bukan itu intinya, terlalu mudah untuk menjadi seperti itu (pengereman)," ujar Dovizioso sebagaimana dilansir dari Autosport.

"Ban belakang pasti mendorong bagian depan dan tidak hanya mendorong. Tetapi, bekerja dengan cara yang berbeda. Kami harus mengubahnya dan itu tidak mudah," ungkapnya.

Dovi mengungkapkan bahwa mengubah gaya membalap saat pengereman tidak menghasilkan keuntungan apa pun. Menurut Dovizioso, perbaikan harus datang dari pengaturan motor meskipun Ducati telah menemukan menggunakan solusi set-up dari tiga tahun sebelumnya. Tepatnya ketika Dovizioso menjadi runner-up MotoGP 2019.

"Saya pikir dengan sedikit perbedaan dalam gaya membalap saya, saya bisa memperbaiki banyak situasi. Teteapi, saya membutuhkan lebih banyak bantuan dari set-up," tandasnya.

Sementara itu, pebalap tim satelit Ducati, Reale Avintia, justru mampu meraih posisi apik dengan pebalap mereka, Johann Zarco yang finis ketiga setelah mencetak pole menggunakan GP19.

Dovizioso mengungkapkan bahwa penampilan apik Zarco tersebut lantaran ia masih baru dengan Ducati sehingga ia tak terlalu terpengaruh dengan setingan lawas Ducati.

Artikel Tag: Andrea Dovizioso, Ducati, motogp 2020

511  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini