Dorna Tak Ingin MotoGP Tiru Bundesliga dan La Liga, Gelar Pertandingan Tanpa Penonton

Penulis: Abdi Ardiansyah
Rabu 11 Mar 2020, 22:35 WIB
Dorna Tak Ingin MotoGP Tiru Bundesliga dan La Liga, Gelar Pertandingan Tanpa Penonton

Carmelo Ezpeleta, Bos Dorna Sport.

Berita MotoGP: Bos Dorna Sports, Carmelo Ezpeleta, enggan menggelar balapan MotoGP tanpa penonton. Namun, ia juga tak menutup kemungkinan jika balapan memang terpaksa digelar tertutup.

Hal ini ia nyatakan kepada Diario AS pada Selasa (10/3/2020), usai mengumumkan penundaan Seri Austin, Texas.

Tiga balapan MotoGP sudah resmi dibatalkan akibat kekhawatiran tentang penyebaran virus corona. Sebelumnya Qatar dan Thailand terlebih dahulu membatalkan seri MotoGP di negara mereka lantaran kebijakan otoritas setempat.

Kemudian, MotoGP Amerika yang sejatinya digadang-gadang menjadi pebalap pembuka musim ini juga ikut ditunda karena pemerintah Austin, Texas tidak mengizinkan event besar yang menghadirkan banyak penonton.

Seri Thailand dipastikan mundur dari semula 20-22 Maret menajadi 2-4 Oktober, sementara Seri MotoGP Amerika ditunda menjadi 13-15 November.

CEO Dorna, Carmelo Ezpeleta menyatakan bahwa seri pembuka MotoGP musim 2020 baru akan digelar pada MotoGP Argentina pertengahan bulan depan.

"Kita lihat nanti berapa banyak balapan yang harus kami tunda, tapi jelas MotoGP akan tetap digelar. Untuk saat ini, MotoGP 2020 akan dimulai pada 17-19 April di Argentina, meski mungkin saja akan ada 'kejutan' sebelumnya," ujar Ezpeleta kepada Diario AS.

Kebijakan pemerintah Italia yang mengkarantina warga negaranya hingga 3 April mendatang tentu sangat berdampak pada jalannya MotoGP.

"Ada 400 orang Italia di MotoGP, jadi kami akan terus menunda balapan jika memang dibutuhkan. Jika tidak, apa yang harus saya lakukan? Apakah saya harus menyerah? Toh saat ini orang-orang Italia sedang uji coba di Jerez dengan MotoE dan tak ada masalah," tandas Ezpeleta.

Ezpeleta juga mengaku pihaknya kurang senang dengan gagasan menggelar balapan di sirkuit tanpa penonton seperti Bundesliga dan La Liga yang memutuskan menggelar pertandingan sepak bola di stadion tanpa penonton. Pun demikian, ia akan melakukannya jika memang diperlukan.

"Formula 1 akan digelar akhir pekan ini di Australia (dengan penonton seperti rencana awal), selanjutnya digelar di Bahrain tanpa penonton. Kami sendiri tak mau balapan tanpa penonton, tapi jika harus dilakukan, kami akan lakukan," pungkasnya.

Artikel Tag: motogp, MotoGP Argentina, motogp 2020

2061  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini