Dorna Sports Mulai Seleksi Kandidat Pengganti Suzuki di MotoGP

Penulis: Abdi Ardiansyah
Selasa 24 Mei 2022, 11:00 WIB
Dorna Sports, Suzuki, Joan Mir, Alex Rins

Joan Mir dan Alex Rins

Ligaolahraga.com -

Berita MotoGP: Penyelenggara MotoGP, Dorna Sports, kabarnya mulai menyeleksi calon pengganti Suzuki yang berencana untuk hengkang pada akhir kejuaraan MotoGP 2022.

Keputusan Suzuki untuk meninggalkan MotoGP akhir musim 2022 nanti membuat semua orang kaget, mengingat mereka kini memiliki kinerja yang cukup baik dan pernah meraih gelar juara dunia pada 2020.

Namun, minimnya penjualan kendaraan komersial mereka memaksa pabrikan asal Hamamatsu itu untuk keluar dari kejuaraan kelas premier atas alasan finansial.

Penyelenggara MotoGP, Dorna Sports, yang telah membujuk mereka untuk tetap berada di MotoGP, juga tak bisa berbuat apa-apa.

Sejumlah tim independen kemudian menyatakan kesiapannya untuk mengisi slot yang ditinggalkan oleh Suzuki musim depan.

Namun, Dorna Sports tak begitu saja menerima mereka karena harus melihat kemungkinan jangka panjang sebab tak ingin kejadian serupa terulang kembali.

Presiden FIM, Jorge Viegas, pun menyayangkan keputusan Suzuki angkat kaki dari MotoGP untuk kedua kalinya.

“Pendapat saya tentang mereka adalah seharusnya Suzuki berkomunikasi terlebih dahulu dengan Dorna dan FIM. Hanya itu kritik yang bisa saya berikan kepada mereka,” kata Viegas dilansir dari GPOne.

“Pada saat yang sama, saya memahami semua kesulitan ekonomi yang timbul saat ini. Mengingat, ini menjadi kedua kalinya mereka mengucapkan selamat tinggal,” ia melanjutkan.

Viegas berharap Dorna melakukan seleksi ketat untuk menentukan tim yang pantas mengisi tempat kosong pada MotoGP 2023.

Menurutnya, hal ini sangat penting demi membuat kejuaraan kelas utama tetap menarik dan dapat mengimbangi level persaingan yang ada saat ini.

“Satu-satunya hal yang dapat saya katakan adalah bahwa ada perusahaan yang siap untuk mengambil alih. Sudah ada pembicaraan dengan Dorna tentang masalah ini,” ujarnya.

“Tapi saya tidak bisa mengatakan lebih banyak, karena untuk saat ini organisasi yang mengelola semua situasi,” ia mengakhiri.

Artikel Tag: Suzuki, Dorna Sports, MotoGP 2022

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/motogp/dorna-sports-mulai-seleksi-kandidat-pengganti-suzuki-di-motogp
749  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini