Dituding Tak Berikan Motor Kompetitif untuk Vinales, Yamaha Beri Bantahan

Penulis: Abdi Ardiansyah
Rabu 08 Sep 2021, 22:50 WIB
Yamaha, Maverick Vinales

Maverick Vinales

Ligaolahraga.com -

Berita MotoGP: Bos Yamaha, Lin Jarvis, membantah anggapan bahwa mereka tak membekali Maverick Vinales dengan motor kompetitif yang mampu mengantarkannya meraih kesuksesan.

Usai hengkang dari Yamaha dan bergabung dengan Aprilia, Maverick Vinales mengungkapkan hal-hal mengejutkan yang merugikan tim lamanya. Rider berjuluk The Top Gun itu menyebut motor YZR-M1 hanya mampu tampil kompetitif sebanyak empat kali dalam semusim.

Belum lama ini, sang ayah, Angel Vinales, menyebut putranya tersebut tak dibekali motor yang kompetitif sehingga tidak mampu bersaing dalam perebutan gelar juara dunia MotoGP.

Namun, Bos Yamaha, Lin Jarvis, menegaskan bahwa timnya terus berupaya memberikan paket terbaik dan selalu mendorong Vinales untuk meraih hasil bagus di tiap seri balapan.

“Kami memang memiliki kontrak untuk berkata positif. Tapi, Anda tidak bisa mencegah pebalap mengungkapkan perasaan mereka. Ada garis dan batas tertentu yang tidak boleh dilampaui dalam konteks seperti itu,” kata Jarvis kepada Speedweek.

“Jelas, Anda menginginkan pebalap yang cedas dan menghindari pernyataan negatif. Karena Anda tidak akan bisa lebih cepat dan tak dapat meningkatkan kinerja jika Anda hanya mengkritik tim, atasan dan teknisi Anda. Itu faktanya,” ia menjelaskan.

“Anda dapat mengungkapkan perasaan Anda dalam rapat tertutup. Anda tidak harus melakukannya di depan banyak orang. Kami langsung berbicara dengannya setelah pernyataan itu. Kami mengeluhkan hal itu kepadanya,” lanjutnya.

“Namun, ini dengan jelas menunjukkan masalah utamanya. Mungkin seorang pebalap harus bekerja lebih banyak di belakang layar. Dia harus membangun tim yang kuat,” tutur Jarvis.

Sementara itu, Maverick Vinales juga menegaskan bahwa dirinya akan berpikir panjang sebelum menyepakati kontrak di masa depan. Menurutnya, delapan kemenangan yang telah diraihnya di kelas utama membuatnya pantas untuk melakukan hal tersebut. Berbanding terbalik dengan eks rekan setimnya, Fabio Quartararo, yang hanya butuh 13 bulan.

Mengkritik diri sendiri juga bukanlah keahlian Vinales. Ditambah, ia kerap mengganti kepala kru ketimbang menemukan kesalahan yang ada dalam dirinya.

“Seluruh pebalap harusnya khawatir dengan kesalahannya sendiri. Pabrikan Yamaha dan semua orang di dalam tim benar-benar bertekad untuk sukses bersama Maverick. Kami bersama selama lima tahun dan itu adalah investasi besar bagi kami,” ujar Jarvis.

“Kami memiliki keinginan besar untuk mencapai hasil yang diinginkan bersama. Apakah kami membuat kesalahan? Tentu, kami melakukannya beberapa kali,” imbuhnya.

“Apakah kami selalu berhasil menghasilkan motor terbaik di trek? Mungkin tidak. Tapi itulah hidup. Enam pabrikan saling berjuang. Hanya satu yang bisa menang,” ia menegaskan.

Selain itu, Jarvis membantah anggapan yang mengatakan bahwa Yamaha lebih fokus pada Quartararo ketimbang Vinales.

“Sebagai pemimpin tim, Anda harus menghargai setiap permintaan pebalap,” tukasnya.

Artikel Tag: yamaha, Maverick Vinales, MotoGP 2021

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/motogp/dituding-tak-berikan-motor-kompetitif-untuk-vinales-yamaha-beri-bantahan
1053  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini