Diklaim Lebih Ramah Lingkungan, MotoGP Bakal Tiru Jejak Formula 1 Beralih ke Mesin 2-Tak

Penulis: Abdi Ardiansyah
Sabtu 18 Jan 2020, 15:20 WIB
Diklaim Lebih Ramah Lingkungan, MotoGP Bakal Tiru Jejak Formula 1 Beralih ke Mesin 2-Tak

Valentino Rossi saat masih membela tim Nastro Azzurro Honda

Berita MotoGP: MotoGP dikabarkan bakal mengikuti jejak Formula 1 yang akan mengganti mesinnya menjadi 2-tak. Hal ini dilakukan demi memangkas jumlah emisi karbon.

Sebelumnya, Formula 1 telah melempar wacana soal pergantian mesin menjadi 2-tak dalam beberapa tahun kedepan. Hal ini pun sejalan dengan cita-cita direktur teknis F1, Pat Symonds, yang mengungkapkan ambisi F1 menghilangkan jejak karbon dari balapan F1 di 2030.

F1 kini tengah meneliti rencana tersebut, dan di tahun 2025 mendatang, F1 bakal siap memakai mesin 2-tak untuk mewujudkan misi tersebut. Namun tidak hanya di F1 saja, seperti dilansir dari Visordown, MotoGP bisa saja kembali memakai mesin 2-tak. Seperti diketahui, penggunaan mesin 2-tak di MotoGP telah dihentikan sejak 2001 silam karena dampak emisinya yang kurang bagus.

Kemudian digantikan dengan mesin 4-tak yang sangat bertenaga dan menghasilkan emisi yang jauh berkurang kala itu.

Lantas, mengapa harus kembali ke mesin 2-tak lagi? Jawabannya adalah mesin 2-tak yang akan diusung pertengahan dekade ini bukan mesin 2-tak boros penuh asap seperti yang dikenal sebelumnya.

Dengan penerapan beberapa teknologi seperti direct injection, pressure charging, sistem pengapian baru, dan juga penggunaan bahan bakar baru, serta teknologi lainnya membuat mesin 2-tak kali ini lebih efisien.

MotoGP sendiri juga harus segera memutuskan arah mana yang harus dituju untuk menciptakan generasi baru di dunia balap dan juga turut menjaga lingkungan hidup. Selain itu, sebenarnya juga ada solusi lain seperti penggunaan tenaga listrik yang tidak menghasilkan emisi, seperti yang telah digunakan di MotoE.

Artikel Tag: motogp, Formula 1

13678  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini