Darryn Binder Masih Kurang Nyaman Tunggangi Motor MotoGP  

Penulis: Abdi Ardiansyah
Selasa 07 Des 2021, 23:55 WIB
Darryn Binder

Darryn Binder

Ligaolahraga.com -

Berita MotoGP: Darryn Binder mengaku masih kerap merasa tak nyaman ketika mengendarai motor MotoGP karena berukuran lebih besar dan punya tenaga yang lebih agresif.

Darryn Binder dipromosikan ke ajang MotoGP tanpa berkarier di Moto2. Hal tersebut membuatnya sedikit terkejut ketika menggeber motor besar dengan tenaga yang jauh lebih agresif.

Sejak ia melakukan debutnya di kejuaraan dunia balap motor pada 2015 lalu, Binder banyak menghabiskan karier balapnya di ajang Moto3 hingga musim 2021. Meski usianya sudah cukup matang, namun belum ada tim yang berminat memboyongnya ke kelas yang lebih tinggi. Prestasinya pun juga terbilang biasa-biasa saja.

Berstatus sebagai rider Petronas Sprinta Racing, Binder akhirnya mendapatkan kepercayaan dari bos RNF Racing, Razlan Razali, untuk membela timnya di MotoGP pada musim 2022. Jelas, keputusan Razali itu mengejutkan semua orang karena pebalap asal Afrika Selatan itu sama sekali tak memiliki performa mentereng di Moto3.

Sikap Yamaha yang memilih mempromosikan Binder juga dianggap sebagai keputusan yang sangat berani, mengingat terdapat banyak pebalap Moto2 yang dirasa lebih pantas untuk naik kelas ke MotoGP.

Hal tersebut juga terlihat dari performa Darryn Binder sepanjang tes pramusim MotoGP 2022 di Jerez, di mana ia sangat kesulitan untuk meningkatkan catatan waktunya. Namun, adik Brad Binder itu berdalih kalau dirinya masih harus beradaptasi dengan motor MotoGP yang memiliki tenaga besar.

“Motor terasa lebih nyaman jika dibandingkan dengan Moto3. Tapi, apakah itu lebih mudah? Mungkin jika mesinnya mati,” kata Binder seperti dilansir Speedweek.

“Ketika motor dalam keadaan menyala, saya merasa terjebak, seolah-olah hidup saya dipertaruhkan. Tidak semudah itu, tapi yang pasti lebih nyaman,” imbuhnya.

Karena kesulitan yang dialaminya, Binder pun berlatih lebih intens sehingga fisiknya siap saat berada di atas motor MotoGP.

“Saya akan mengendarai Yamaha YZF-R1 sesering mungkin agar terbiasa dengan motor besar,” ujarnya.

“Secara fisik, saya harus meningkatkan massa otot setelah tidak menghabiskan banyak waktu di pusat kebugaran selama di MotoGP karena bobot motornya,” ia menjelaskan.

“Maksud saya bukan motornya terlalu berat. Saya ingin meningkatkan kekuatan fisik dan saya merasa itu akan sangat berguna,” imbuh Binder.

“Saya akan melahap banyak lap dengan mesin yang lebih besar dan berusaha menemukan konsistensi. Sepanjang tes, saya sering merasakan dapat melakukan yang lebih baik lagi, tapi sulit untuk menempatkannya secara bersamaan,” tutupnya.

Artikel Tag: Darryn Binder, RNF Racing, MotoGP 2022, yamaha

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/motogp/darryn-binder-masih-kurang-nyaman-tunggangi-motor-motogp
559  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini