Dall’Igna Ungkap Rahasia Kesuksesan Ducati di MotoGP

Penulis: Abdi Ardiansyah
Jumat 10 Des 2021, 23:50 WIB
Ducati, Francesco Bagnaia

Francesco Bagnaia

Ligaolahraga.com -

Berita MotoGP: Bos Ducati, Luigi Dall’Igna, mengungkapkan bahwa timnya mengandalkan semua penunggang motor Desmosedici GP sehingga mereka mampu mengembangkan motor lebih baik.

Pada kejuaraan MotoGP 2021, Ducati mampu menunjukkan performa apik sejak awal hingga akhir musim. Bahkan lima dari enam orang pebalapnya berhasil menapaki tangga podium.

Bahkan pebalap rookie, Enea Bastianini, mampu melesat dalam dua balapan di Sirkuit Misano. Ia mampu mengalahkan para rivalnya untuk finis di zona podium meski hanya menggeber motor Desmosedici GP19.

Hal tersebut membuktikan bahwa motor Desmosedici GP dapat dikendarai oleh semua ridernya, berbeda dengan masa lalu ketika motor pabrikan asal Borgo Panigale itu hanya bisa dikuasai satu pebalap.

Mereka terus melalukan pengembangan motor berdasarkan masukan dari para penunggang motor Desmosedici GP sehingga lebih ramah dengan semua jenis gaya balap.

Kehadiran bos Ducati, Luigi Dall’Igna, juga sangat berpengaruh bagi pengembangan motor hingga tim tersebut menjadi yang terkuat di MotoGP.

“Filosofi saya adalah tidak hanya mengikuti arahan dari satu pebalap saja. Saya lebih suka bertaruh pada statistik dan angka,” kata Dall’Igna seperti dilansir Motosan.

“Oleh karena itu, ketika Anda menyelesaikan masalah, Anda melakukannya untuk seluruh pebalap, bukan hanya untuk satu orang,” ia mengimbuhkan.

Sebagai informasi, beberapa pabrikan memang mengandalkan pebalap terbaik dalam menentukan arah pengembangan motor. Itulah yang menyebabkan para pebalap lain yang menggunakan motor serupa malah mengalami kesulitan hingga terpaksa mengubah gaya balap mereka.

Apa yang diperlihatkan Ducati di musim 2021, membuat pabrikan asal Italia itu difavoritkan sebagai juara dunia pada 2022, dengan Francesco Bagnaia yang bakal meraih gelar.

“Kami telah menciptakan situasi yang spenuhnya berbeda. Menjelang akhir musim 2020, kami dikritik karena putus kontrak dengan dua pebalap kami. Kami juga memiliki kekhawatiran, tetapi pada akhirnya semuanya berjalan dengan baik,” ujar Dall’Igna.

“Satu-satunya masalah adalah di awal musim kami tidak memiliki gagasan yang jelas tentang potensi yang kami miliki,” ia mengimbuhkan.

“Normal rasanya memiliki keraguan ketika memulai dengan sesuatu yang baru. Tapi Anda harus memeriksa keraguan ini karena Anda harus memimpin sebuah grup dan tidak boleh membiarkan kekhawatiran Anda berlalu begitu saja,” tukasnya.

Artikel Tag: Ducati, MotoGP 2021

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/motogp/dalligna-ungkap-rahasia-kesuksesan-ducati-di-motogp
679  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini