Crutchlow Heran Marquez Bisa Tampil Menggila dengan Motor Buruk

Penulis: Abdi Ardiansyah
Kamis 21 Mei 2020, 16:20 WIB
Crutchlow Heran Marquez Bisa Tampil Menggila dengan Motor Buruk

Cal Crutchlow dan Marc Marquez

Berita MotoGP: Cal Crutchlow mengaku tak habis pikir dengan Marc Marquez yang mampu tampil sangat garang meksipun menggunakan motor yang ia nilai kurang baik.

Hingga saat ini, Cal Crutchlow telah enam tahun membela LCR Honda, selama itu pula ia bekerja sama dengan Marc Marquez mengembangkan RC213V.

Crutchlow yang terikat kontrak langsung dengan Honda Racing Corporation (HRC), memang terlibat dalam pengembangan motor RC213V, ia juga sering bertukar pikiran dan data dengan Marquez.

Dalam acara podcast 'Gas It Out' bersama Gavin Emmett dan Neil Hodgson, Crutchlow pun mengungkapkan bahwa Marquez adalah rider yang sangat bertalenta.

Crutchlow sendiri memang dikenal sebagai pebalap Honda yang cukup vokal dan blak-blakan menyebut RC213V sebagai motor paling sulit dikendarai dan bakal berdampak buruk untuk generasi muda.

Hal inilah yang juga membuatnya heran kenapa Marquez justru bisa meraih enam gelar dunia dalam tujuh tahun berkarier di MotoGP menunggangi motor Honda tersebut.

"Marc punya talenta menakjubkan, ia orang yang baik untuk diajak kerja sama, dan menyenangkan bisa berbagi pabrikan dan bekerja sama dengannya. Akan tetapi sulit memahami cara ia melakukannya, karena ia menang ketika motornya tak mampu menang! Apa kalian tahu maksud saya?"  ujar Crutchlow sebagaimana dikutip dari MotoGP.com.

"Caranya mengendalikan motor, segala aksi 'save'-nya, caranya membuat motor selip, dan caranya menggunakan rem belakang dan depan sangatlah menakjubkan. Tapi memang begitu caranya beradaptasi dengan situasi saat balapan. Bagaimana ia bisa mengendalikan motor tanpa terjatuh sangat-sangat spektakuler," tandasnya.

Pun demikian, Crutchlow percaya bahwa Marquez tetap manusia biasa dan bisa dikalahkan pada waktu-waktu tertentu..

"Marc bukannya tak terkalahkan, karena toh ia pernah kalah di beberapa balapan tertentu. Namun ia memang sungguh bertalenta, dan memang bagus belajar darinya," ungkapnya.

"Di sisi lain, Anda juga tak mau belajar sesuatu darinya, karena jika Anda coba melakukan apa yang ia lakukan, semua tak berakhir baik! Anda boleh saja melakukan beberapa hal yang ia lakukan, tapi Anda harus menyaringnya berdasar apa yang tak bisa Anda lakukan," pungkas Crutchlow.

Artikel Tag: Marc Marquez, Honda, Cal Crutchlow

1017  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini