Covid-19 Tak Kunjung Reda, F1 GP Australia Terancam Gagal Digelar Lagi

Penulis: Abdi Ardiansyah
Kamis 07 Jan 2021, 12:00 WIB
F1 GP Australia, F1 2021

Paddock Formula 1

Berita F1: Start kejuaraan Formula 1 2021 terancam mundur akibat pandemi Covid-19 gelombang kedua yang kembali merebak. F1 GP Australia pun terancam batal digelar.

F1 2021 direncanakan akan digelar dengan balapan pembuka di GP Australia yang berlangsung pada 21 Maret mendatang di Sirkuit Melbourne, Albert Park.

Namun rencana tersebut terancam batal karena pandemi Covid-19 tak kunjung mereda. Australia sendiri masih menerapkan pembatasan perjalanan yang ketat. Selain itu, ada kekhawatiran mengenai jenis baru Covid-19.

Negeri Kangguru itu mewajibkan karantina selama dua pekan yang diberlakukan bagi warga negara asing yang berkunjung.

Turnamen tenis grand slam Australian Open 2021 bahkan mewajibkan kontestan dari luar negeri untuk mematuhi aturan karantina mandiri selama 14 hari.

Pihak penyelenggara F1 GP Australia sudah pernah mendapat hujan kritikan lantaran melakukan pembatalan acara pada jam-jam terakhir. Pada F1 2020 lalu, pihak F1 dan penyelenggara GP Australia terpaksa membatalkan balapan hanya beberapa jam sebelum sesi latihan bebas pertama dimulai. Saat itu, kasus Covid-19 di dalam paddock serta protes dari pebalap memaksa pihak penyelenggara membatalkan perlombaan.

Kini GP Australia harus menghadapi mimpi buruk itu lagi. Penundaan GP Australia pun berpotensi mengubah kalender balapan F1 2021.

Sebagai informasi, kalender F1 2021 memuat jadwal yang padat dengan 23 seri balap yang direncanakan berlangsung dalam waktu kurang dari sembilan bulan. Menanggapi isu penundaan start kejuaraan pada tahun ini, juru bicara F1 optimistis bahwa kompetisi bisa berjalan sesuai rencana.

"Kami telah menetapkan kalender 2021 dan menantikan kembalinya F1 pada bulan Maret tahun ini," tutur sang juru bicara F1.

Andaikan balapan GP Australia ditunda, pembukaan kejuaraan F1 2021 diprediksi akan berlangsung pada 28 Maret di Sirkuit Sakhir, Bahrain. Sirkuit Sakhir menjadi salah satu arena yang sukses menggelar balapan F1 di tengah pandemi melalui seri GP Bahrain dan GP Sakhir pada Desember lalu.

Artikel Tag: GP Australia, F1 2021

654  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini